Seleksi Panwascam Dibuka 11 Mei, Ini Persyaratannya

berita-pilwakot-semarang

SEMARANG – Panitia Pengawas (Panwas) Pemilihan Wali dan Wakil Walikota Semarang akan membuka pendaftaran anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) pada 11-15 Mei 2015. Perekrutan tersebut akan menjaring 3.038 anggota untuk 16 kecamatan yang ada di Kota Semarang.

Ketua Panwas Kota Semarang Muhammad Amin mengatakan, pihaknya telah memulai pengawasan dalam tahapan Pilkada serentak 2015. “Perekrutan Panwascam untuk 16 Kecamatan di Kota Semarang ini kami lakukan agar kelengkapan lembaga terpenuhi. Termasuk nantinya untuk rekruitmen PPL dan Pengawas TPS yang ada di Kota Semarang, ungkapnya, Kamis (7/5).

Ia menambahkan, Panwas Kota Semarang telah terbentuk dan dilantik oleh Bawaslu Provinsi Jawa Tengah bersama dengan 21 Kabupaten atau Kota se Jawa Tengah pada 28 April 2015.

Pihaknya berharap, masyarakat memiliki komitmen untuk membantu penyelenggaraan pesta demokrasi di tingkat lokal tersebut dan mendaftarkan diri sebagai anggota Panwascam. Adapun persyaratan di dalamnya juga menyebutkan tidak pernah menjadi anggota parpol dalam jangka lima tahun terakhir.

“Selain itu, juga tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindakan pidana yang diancam dengan pidana penjara lima tahun atau lebih, katanya.

Pada kesempatan yang sama, Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Panwas Kota Semarang, Bekti Maharani menambahkan, Panwas Kota Semarang akan melakukan perekrutan calon anggota Panwascam di 16 Kecamatan dan tenaga PPL di 177 Desa atau Kelurahan se Kota Semarang.

Ditambahkan, Panwas Kota Semarang saat ini membutuhkan kurang lebih 3.038 orang untuk menjadi anggota Panwascam, PPL dan Pengawas TPS. (ans)

 

You might also like

Comments are closed.