Seluruh SMP/MTs di Semarang Siap Gelar UNBK

METROSEMARANG.COM – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang memastikan pelaksanaan ujian nasional tingkat SMP/MTs pada tahun ini seluruhnya berbasis komputer. Tidak ada lembar soal dari kertas yang diterima siswa pada ujian nasional April mendatang.

Ilustrasi. Seluruh SMP di Semarang siap menggelar UNBK 2018. Foto: metrosemarang.com/dok

‘’Kami semua 100 persen sudah siap melaksanakan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer), baik sekolah negeri maupun swasta di tingkat SMP temasuk MTs,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bunyamin, di Balaikota, Rabu (28/3).

Untuk pelaksanaan UNBK sekolah-sekolah yang tidak melaksanakan ujian akan membantu. Komputer di sekolah-sekolah tersebut akan difungsikan bagi sekolah-sekolah yang melaksanakan ujian nasional berbasis komputer.

‘’Jadi sekolah yang belum memiliki komputer cukup seperti disampaikan anggota dewan (DPRD Kota Semarang, red), hal itu telah diatasi,’’ ujarnya.

Sesuai aturan minimal komputer harus ada sebanyak 1/3 dari jumlah siswa di sekolah. Misalnya jumlah siswa yang mengikuti ujian 300 siswa, maka harus ada 100 komputer di ruangan plus 5 persen (5 komputer) cadangan. ‘’Kami sudah memenuhi hal itu,’’ tegas Bunyamin.

Dia menyebutkan, keseluruhan ada sekira 200 SMP/MTs baik negeri maupun swasta di Semarang yang akan menyelenggarakan UNBK. Sedangkan jumlah pesertanya ada sekira 26.000an siswa.

Sementara antisipasi untuk adanya pemadaman listrik, sudah meminta Perusahaan Listrik Negara (PLN) supaya tidak ada pemadaman selama proses ujian berlangsung. Namun demikian setiap sekolah juga sudah menyediakan genset.

Sebelumnya, Komisi D DPRD Kota Semarang meminta Dinas Pendidikan memenuhi lab komputer dan menambah jumlah komputer di sekolah-sekolah, menjelang pelaksanaan UNBK tingkat SMP dan sederajat. (duh)

You might also like

Comments are closed.