Semarakkan Hari Jadi, Pemkot Gelar Lomba Kreativitas dan Inovasi Berhadiah Puluhan Juta

METROSEMARANG.COM – Pemerintah Kota Semarang mengadakan Lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova).  Hal ini sebagai upaya mendorong innovation driven, yaitu ekonomi yang dibangun atas dasar iptek yang bernilai tambah tinggi. Harapannya dapat terbentuk budaya kreatif dan inovatif di bidang iptek.

Ilustrasi. Pemkot Semarang menggelar lomba kreativitas dan inovasi menyambut hari jadi ke-470 Kota Semarang. Foto: metrosemarang.com/dok

Program ini sekaligus memberikan penghargaan kepada masyarakat baik secara individu maupun kelompok, yang telah mampu menjadi penggali, penemu, ataupun pengembang di bidang iptek. Di mana hasil karyanya itu terbukti berhasil memajukan teknologi terapan, teruji, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

”Lomba Krenova ini terbuka bagi pelajar SMA/SMK/MA, mahasiswa, dan masyarakat umum yang berasal dari non-akademisi (bukan dosen). Baik secara individu/kelompok yang berdomisili/ bersekolah/ bekerja di Kota Semarang,” kata Kabag Humas Pemkot Semarang, Achyani, Rabu (19/4).

Untuk kelompok, menurutnya dibatasi maksimal sebanyak 5 orang. Dan apabila terdapat pembimbing, nama pembimbing harus dicantumkan. Namun, peserta disyaratkan tidak memiliki kaitan secara langsung dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, serta tidak terafiliasi dengan lembaga Kelitbangan.

Setiap peserta dapat mengajukan hasil kreasinya yang belum pernah memenangkan lomba apapun. Sedangkan ruang lingkup Krenova mencakup aspek agrobisnis dan pangan, energi, kesehatan, obat-obatan dan kosmetika. Kemudian rekayasa dan manufaktur, pendidikan, kehutanan dan lingkungan hidup, kelautan dan perikanan, kerajinan dan industri rumah tangga, dan terakhir sosial.

”Untuk aspek penilaian meliputi orisinalitas, kepioniran, penerapan di masyarakat, manfaat, dan keberlangsungan,” ujar Achyani.

Setiap peserta dapat mengajukan kreasinya berbentuk proposal atau profil temuan, dalam bentuk hardcopy sebanyak 3 buku dan softcopy sebanyak 1 compact disc. ”CD ditujukan kepada Kepala Bappeda Kota Semarang cq. Bidang Litbang, Jalan Pemuda No. 148 Semarang. Format pengajuan proposal ditulis maksimal 20 halaman, dengan huruf Tahoma 12 dan dilampiri gambar sesuai kebutuhan,” terangnya.

Sementara, sistematika penulisan panitia menyusun format resmi terdiri dari judul, latar belakang, tujuan, manfaat, spesifikasi teknis (gambar dan operasional alat), keunggulan dibandingkan dengan penemuan sebelumnya. Serta penerapan pada masyarakat dan dunia industri dan prospek pengembangannya. ”Selain itu, peserta juga wajib melampirkan biodata penemu dan surat pernyataan keorisinilan temuan,” kata Achyani.

Menurutnya, proposal dapat dikirim mulai hari Senin (4/4) sampai Kamis (30/6) ke Bidang Litbang Bappeda Kota Semarang, Gedung Moch. Ichsan lantai VII, Jl. Pemuda No. 148. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada akhir bulan Juli 2017.

”Pemenang mendapatkan piagam penghargaan dan insentif pembinaan pengembangan dari Wali Kota senilai total Rp 31.500.000, dan akan menjadi peserta lomba Krenova tingkat Provinsi Jateng,” tandasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.