Semarang Belum Jadi Jujukan Pelancong selama Libur Lebaran

METROSEMARANG.COM – Sebagai Ibu Kota Jawa Tengah, Kota Semarang dinilai belum menjadi ikon kunjungan wisatawan untuk liburan Lebaran pada tahun ini. Terlihat dari tingkat okupansi hotel-hotel di kota ini yang baru ramai setelah H+1 sampai H+4 lebaran, dengan keterisian kamar hotel rata-rata 90-100%.

Antrean turis di obyek wisata Lawang Sewu. Kota Semarang belum jadi jujukan pelancong selama libur Lebaran. Foto: metrosemarang.com/dok

Rata-rata orang yang menginap di hotel tersebut bukan untuk tujuan liburan di Kota Semarang. Melainkan hanya transit karena hanya tinggal semalam untuk kemudian esoknya melanjutkan perjalanan ke kota tujuan.

”Jadi jika dilihat, Kota Semarang saat ini belum menjadi tujuan favorit wisatawan untuk berlibur, hal itu karena minimnya obyek wisata yang ada,” kata Wakil Ketua Persatuan Hotel Seluruh Indonesia (PHRI) Jawa Tengah, Benk Mitosih, Selasa (4/7).

Menurutnya, perlu adanya penambahan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi masyarakat, seperti yang baru saja dibuat yakni Kampung Pelangi Semarang.

”Kota Semarang masih jauh dari kota pariwisata seperti Bandung dan Yogyakarta yang pada hari sebelum lebaran okupansi hotel sudah terepenuhi,” sebutnya.

General Manager Star Hotel ini menambahkan, perlu ada destinasi wisata baru di Semarang yang menarik. Selain sudah memiliki Kawasan Kota Lama, Kampung Pelangi, beberapa mal besar, dan wahana permainan buatan seperti di Transmart.

Keberadaan Transmart yang berada di wilayah Kecamatan Banyumanik, dinilai memiliki dampak pada okupansi hotel khususnya yang di area Semarang atas. Daya tarik Transmart memikat wisatawan dari berbagai daerah di Jawa Tengah seperti dari Solo, Kudus, dan daerah lain. (duh)

You might also like

Comments are closed.