Semarang Butuh Ratusan Kepala Sekolah

image

SEMARANG – Tahun ini diprediksi ratusan kursi kepala sekolah berbagai jenjang di Kota Semarang kosong. Hal ini akibat jumlah pensiun yang besar.

Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Semarang memproyeksikan kebutuhan kepala sekolah dari jenjang SD hingga SMA dan sederajat di Semarang tahun 2014-2015 mencapai 102.

Terdiri dari satu kepala sekolah TK, 81 Kepala SD, 12 kepala SMP, kepala SMA dan SMK masing-masing empat. Sedangkan, tahun 2015, ada 16 Kepala SD, satu kepala SMP dan tiga kepala SMA yang memasuki Batas Usaia Pensiun, 60 tahun. 

Sementara, saat ini sedang berlangsung proses seleksi kepala sekolah. Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang menyebutkan, tahap seleksi administrasi sudah terlewati. Dilanjutkan ke tahap seleksi akademis, yang sudah meloloskan 98 peserta seleksi. Terdiri dari 60 peserta untuk SD, 20 peserta untuk SMP, 10 peserta untuk SMA dan delapan untuk SMK. 

“Tahun lalu, hasil tes akhir menjaring lebih dari separuh peserta awal,” kata Bunyamin. Mengantisipasi kursi kepala sekolah yang masih kosong pasca-seleksi tahun ini, akan diisi oleh pelaksana tugas dari kepala sekolah yang setara jenjangnya dan lokasi yang terdekat. (MS-06)

You might also like

Comments are closed.