Semarang Kembangkan Kawasan Minapolitan

METROSEMARANG.COM – Dinas Perikanan Kota Semarang akan menerapkan sistem minapolitan untuk mengoptimalkan budidaya ikan air tawar di wilayah Kecamatan Gunungpati. Potensi pemasaran ikan air tawar yang dibudidaya di daratan dinilai cukup menjanjikan.

Ilustrasi

Kepala Dinas Perikanan Kota Semarang I Gusti Made Agung mengatakan, sistem kawasan minapolitan perikanan budidaya di sejumlah daerah terbukti berhasil menjadi embrio munculnya kawasan industri perikanan budidaya baru, dan berkembangnya perekonomian daerah.

Di Kota Semarang sudah ada beberapa potensi budidaya ikan di daratan utamanya di wilayah atas Kota Semarang. Nantinya, kawasan yang akan diterapkan sistem minapolitan ini yakni di belakang Kantor Kecamatan Gunungpati seluas sekitar 5 hektare. ‘’Sesuai dengan kajian yang dilakukan dengan konsultan dan akademisi perikanan darat,’’ ujarnya, Rabu (1/2).

Dijelaskan, dalam pemberdayaan ikan air tawar di daratan nanti, pihaknya akan melibatkan pelaku pembudidaya ikan yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) Dinas Perikanan Kota Semarang.

Sebab, kawasan minapolitan perikanan budidaya memerlukan integrasi sistem dari hulu sampai hilir. Yang meliputi produksi, pengolahan, dan pemasaran yang didukung dengan sarana dan prasarana memadai.

‘’Dinas Perikanan juga akan memberikan pendampingan dan pemberian bibit ikan sebagai modal awal pengembangan sistem minapolitan ini,’’ katanya. (duh)

You might also like

Comments are closed.