Semarang Segera Miliki Tempat Rehabilitasi Korban Kekerasan Seksual

METROSEMARANG.COM – Keinginan Kota Semarang memiliki tempat khusus rehabilitasi perempuan dan anak-anak korban kekerasan seksual segera terwujud. Rencana di bulan Maret 2017 ini, akan diresmikan Rumah Duta Revolusi Mental (RDRM) sebagai tempat rehabilitasi tersebut.

Hevearita Gunaryanti Rahayu
Foto: metrosemarang.com/dok

Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, sudah mendapatkan panduan untuk pembangunan rumah tempat rehabilitasi korban kekerasan seksual itu. Nantinya, RDRM itu akan menjadi tempat untuk memulihkan kondisi psikologis para korban. Terutama bagi perempuan dan anak-anak korban kekerasan seksual.

“Jadi RDRM akan kami resmikan Maret besok yang dalam kegiatannya nanti kami akan lakukan sinkronisasi dengan stakeholder yang terkait,’’ kata wakil wali kota yang biasa disapa Mbak Ita, Minggu (19/2).

Di tempat rehabilitasi tersebut, para korban sekaligus juga akan diberikan pelatihan ketrampilan sebagai bagian untuk memulihkan kembali kepercayaan dirinya. Rencananya, RDRM ini akan dibangun di Ringin Telu Kelurahan Manyaran, Semarang barat.

Sebagai langkah awal, kata Ita, Pemerintah Kota Semarang telah mengeluarkan buku panduan penanganan bullying terhadap anak berbasis online. Harapannya dengan buku tersebut, bisa menjadi referensi bagi anak-anak dan masyarakat untuk lebih mengetahui dan menghindari tindakan bullying.

‘’Sehingga tidak hanya menangani korban atau merehabilitasi, tapi kita juga berupaya melakukan pencegahan,’’ kata Ita. (duh)

You might also like

Comments are closed.