Semarang Sukses Raih Kinerja Terbaik dalam LPPD

METROSEMARANG.COM – Kota Semarang berhasil mengukir prestasi sebagai kota berkinerja tertinggi/terbaik nasional pada peringatan Hari Otonomi Daerah XXI tahun 2017 di Alun-Alun Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (25/4). Prestasi ini menjadi sebuah kado yang manis bagi pemkot menjelang hari jadi ke-470 Kota Semarang pada 2 Mei mendatang.

Wakil Wali Kota Hevearita G Rahayu mewakili Wali Kota menerima penghargaan sebagai kota berkinerja tertinggi/terbaik nasional pada peringatan Hari Otonomi Daerah XXI tahun 2017 di Alun-Alun Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (25/4). Foto: istimewa

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengharapkan, diterimanya penghargaan ini akan dapat mendorong seluruh aparatur pemerintah di lingkungan pemkot untuk mengevaluasi kinerja yang telah dilaksanakan selama ini.

‘’Hal yang kurang segera diperbaiki, ke depan harus bekerja lebih giat lagi dalam melayani masyarakat dengan berbagai urusan yang menjadi tanggung jawab pemerintah,’’ katanya di balai kota Semarang, Rabu (26/4).

Hendi, sapaan akrabnya, mengingatkan agar pesan Presiden Joko Widodo pada hari otonomi agar memberikan kemudahan iklim usaha, direspon oleh seluruh jajarannya di pemkot dengan memberikan layanan yang lebih cepat, mudah dan pasti.

‘’Hal ini harus menjadi komitmen kita bersama. Berikan layanan yang cepat, mudah dan pasti untuk memberikan kemudahan iklim usaha,’’ tegasnya.

Ia menambahkan, hal terpenting dari penghargaan ini dapat berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan pelayanan terhadap masayarakat semakin dioptimalkan.

Penghargaan ini diperoleh didasarkan atas penilaian terbaik dalam Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) tahun 2015, terhadap Laporan Pertanggungjawaban Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) 2015 yang dilakukan oleh Kemendagri RI dan BPKP.

Penghargaan berupa piagam dan plakat diserahkan oleh Menteri Koordinator Politik Hukum & Keamanan (Menkopolhukam) RI Jenderal TNI (Purn) Wiranto mewakili Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tjahjo Kumolo disaksikan Direktur Jenderal (Dirjen) Otda Kemendagri RI Soemarsono, gubernur, bupati, dan wali kota se – Indonesia dan pimpinan DPD serta DPR RI.

Adapun penilaiannya, 900 lebih indikator penilaian yang digunakan oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri RI untuk menentukan kota dengan kinerja tertinggi atau terbaik nasional. Di antaranya, laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD, informasi keuangan daerah, laporan kinerja instansi pemerintah daerah. Dan indikator lainnya seperti kebijakan, kelembagaan, dan SDM pada otonomi daerah. (duh)

You might also like

Comments are closed.