Sendang Jambu, Dipercaya Bisa Sembuhkan Beragam Penyakit

sendang jambu

METROSEMARANG.COM – Keberadaan sumber air ini diyakini memberi berkah untuk warga sekitar. Itulah yang menjadikan sumber air Sendang Jambu selalu ramai dimanfaatkan warga sekitar.

Terletak di Kelurahan Kandri, Gunungpati Semarang, sumber air sendang ini tidak pernah habis meskipun di musim kemarau panjang. Karena dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit warga juga menyebutnya Sendang Jamu.

Menurut cerita, dahulu di sendang ini ada sebuah pohon Elo, karena buahnya mirip buah jambu, maka sendang ini dinamakan Sendang jambu. Sedangkan sebutan jamu karena sendang ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti jamu.

Salah satu warga Kandri, Akhmad Khoirul mengatakan, dia dan warga lainnya sering datang saat sore hari setelah pulang kerja untuk mandi di sendang ini. Dia pun tidak menampik kepercayaan masyarakat atas khasiat sendang yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. “Memang ada kepercayaan seperti itu,” kata Khoirul, sapaan akrabnya saat ditemui usai mandi, Minggu (15/11).

Namun, ada anjuran tertentu apabila pengunjung hendak mandi dengan maksud penyembuhan suatu penyakit. Antara lain mandi malam hari setelah pukul 00.00 atau sebelum subuh dan hendaknya tidak mencela apabila ada sesuatu yang aneh. Begitulah cerita masyarakat mengenai Sendang Jambu atau Jamu. (CR-08)

You might also like

Comments are closed.