SeOn Berikan Apresiasi ke Sekolah

– APRESIASI- Platform digital yang mengakomodasi sistim manajemen sekolah, SeOn, memberikan apresiasi ke sejumlah sekolah yang telah memanfaatkan layanannya. Foto : ist/metrosemarang.com

 

JAKARTA- Jelang satu tahun hadir sebagai platform digital yang mengakomodasi sistim manajemen sekolah, SeOn melakukan kunjungan ke sekolah – sekolah yang telah memanfaatkan layanannya. Memberikan nuansa baru dalam dunia pendidikan, SeOn ingin mendengarkan dan melihat secara langsung respon yang dirasakan oleh para pengguna.

Hal ini tak lain karena SeOn merupakan platform digital gratis pertama di Indonesia di sektor pendidikan yang mengintegrasikan seluruh aktifitas yang ada dalam lingkungan sekolah. Mulai dari aktifitas belajar mengajar, aktifitas administrasi, aktifitas konseling, hingga kegiatan komunikasi dengan seluruh warga sekolah, mulai dari guru, siswa, pembina ekstrakulikuler, hingga wali murid.

“Penting bagi kami untuk mendengarkan secara langsung respon serta masukan dari pihak sekolah mengenai hasil penggunaan SeOn. Hampir setahun sejak diluncurkan, pengembangan di berbagai sisi masih terus kami lakukan demi makin maksimalnya manfaat SeOn bagi seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan belajar-mengajar,” ujar Deka D. Kartaji, Founder dan CEO SeOn Indonesia.

Deka menjelaskan, rangkaian kunjungan yang dilakukan secara periodik ini juga sekaligus sebagai sarana untuk memberikan apresiasi kepada sekolah beserta warganya yang telah aktif menggunakan layanan SeOn.

Dalam periode kunjungan kali ini, 4 sekolah dari 502 sekolah di seluruh Indonesia yang telah bergabung dengan SeOn, mendapatkan kesempatan kunjungan dan menerima secara langsung berbagai hadiah sebagai bentuk apresiasi. Sekolah – sekolah tersebut antara lain SMPN 66 Jakarta,SDN Samper Barat 01 Jakarta, SMPN 1 Parongpong Bandung Barat, dan SMPN 10 Cimahi. Penyerahan hadiah ini dimeriahkan juga oleh kehadiran artis Daan Aria dari grup P-Project.

Apresiasi ini merupakan bagian dari Customer Relationship Program, yang dinamakan SeOn Point, di mana setiap pengguna SeOn dapat mengumpulkan dan menukarkan poin dengan hadiah – hadiah yang telah disiapkan mulai dari voucher, tas, sepeda, smartphone, laptop, LED TV, kulkas hingga paket umroh. Tidak hanya akun sekolah saja yang dapat menukarkan poin ke dalam bentuk hadiah, namun juga akun milik dari siswa, guru, hingga wali murid punya kesempatan yang sama untuk menikmati berbagai hadiah melalui program SeOn Points.

Poin tersebut merupakan reward dari tiap aktifitas yang dilakukan pemilik akun. Misalnya guru menuliskan soal di bank soal atau siswa mengerjakan tugas. Setiap aktifitas pengguna di platform SeOn akan mendapatkan poin. Harapannya, dengan skema reward ini , siswa makin semangat belajar, guru makin semangat mengajar, orang tua makin aktif terlibat, sehingga sekolah dapat secara optimal melaksanakan proses pendidikan.

“SeOn Point adalah bentuk apresiasi kepada para guru, siswa, dan orangtua yang sudah terlibat aktif dalam proses pembelajaran di sekolah. Kami berharap program ini bisa memotivasi seluruh warga sekolah agar tetap melanjutkan kerja keras dan ketulusan dalam memberikan pendidikan terbaik bagi para siswa dengan dukungan platform digital SeOn,” ujar Deka lagi.

Platform Digital Sebagai Kunci Transformasi Pendidikan Nasional
Sekolah merupakan salah satu komunitas yang terdampak dan mengalami pergeseran budaya serta tata cara, akibat pandemi COVID-19. Tidak hanya mekanisme belajar – mengajar yang dirubah menjadi daring, namun juga segala koordinasi baik antar guru maupun dengan wali murid yang sebelumnya dilakukan melalui pertemuan langsung, menjadi sangat terbatas.

Perubahan – perubahan tersebut juga berdampak pada administrasi dan koordinasi di lingkungan sekolah yang mau tidak mau harus segera di transformasikan ke dalam basis digital agar lebih efektif dan efisien.

Selaras dengan pernyataan Nadiem Makariem, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia bahwa digitalisasi sekolah menjadi tema utama di 2021, SeOn yang mengusung tagline Digitalisasi Sekolah Jadi Mudah, siap menjadi solusi dan jawaban sehingga tema tersebut dapat benar benar terwujud.

Digital platform besutan anak muda Bandung, Deka D. Kartaji, Budi Basarah, Ganar Afin Nendriyawan, serta Fitriana Nugraha ini telah ini didesain benar – benar menyerupai mapping sekolah.

“Memasuki halaman muka aplikasi SeOn, serasa kita memasuki halaman sekolah. Terlihat kelas – kelar, ruang guru, perpustakaan, hingga ruang ekstrakuliluler. Nuansa tampilannya yang dibuat seperti layaknya media sosial, membuat beraktifitas di SeOn terasa menyenangkan,” jelas Deka.

Berbagai manfaat ditawarkan platform digital yang dapat digunakan secara gratis. Tidak hanya menunjang kegiatan belajar mengajar, namun juga meringankan tugas administrasi guru agar lebih fokus mengajar, membantu kegiatan tata usaha sekolah, hingga memudahkan komunikasi antara warga sekolah.

Saat ini SeOn Indonesia sudah bekerjasama dengan 502 sekolah yang tersebar di 24 Provinsi dan 116 Kota Kabupaten dengan jumlah siswa mencapai 238.846 orang. Pada Desember 2021 SeOn mentargetkan sekitar 2000 sekolah di seluruh Indonesia dapat bergabung dan menikmati layanan SeOn. Artinya, di masa depan, sekitar 1 juta siswa akan terkoneksi melalui SeOn.

Demikian juga dengan para pengajar, akan memiliki komunitas sebagai wadah untuk berbagi informasi dan berkomunikasi sehingga tercapainya pemerataan pendidikan di seluruh Indonesia. Ini adalah pengembangan fitur yang sedang dirancang untuk dihadirkan di masa mendatang, yaitu SeOn Connected.

“Kami berharap dengan hadirnya SeOn, dapat membantu para stakeholder dunia pendidikan mulai dari siswa, guru, wali murid, sekolah, hingga pemerintah, untuk menghadirkan sistim pendidikan terbaik bagi generasi muda, demi kemajuan bangsa Indonesia di masa depan,” pungkas Deka.(eff)

Leave A Reply