Septi Smansa Termotivasi untuk Berlaku Jujur

Septi Dewijayanti Marheni (kanan) dan Anitha Paramasari. Foto: metrosemarang.com/achmad nurseha
Septi Dewijayanti Marheni (kanan) dan Anitha Paramasari. Foto: metrosemarang.com/achmad nurseha

SEMARANG – Deklarasi kejujuran yang ditetapkan SMA Negeri 1 Semarang pada Rabu (6/5), mendapat respons positif dari para siswa. Mereka tak ingin deklarasi tersebut hanya sekadar slogan, tapi juga harus diwujudkan dalam tindakan nyata.

Salah seorang siswi, Septi Dewijayanti Marheni (15) mengatakan, deklarasi kejujuran ini merupakan kegiatan yang akan berdampak positif, baik untuk dirinya pribadi bahkan untuk siswa yang lain dan para guru SMAN 1 Semarang.

“Sekolah berani mengajukan program seperti ini kan baik. Kami sebagai siswa yang juga calon pemimpin tentu akan terlatih untuk selalu jujur,” katanya kepada metrosemarang.com.

Siswi kelas X MIA itu juga sepakat jika deklarasi kejujuran ini menuntut semua siswa untuk andil memberikan tanda tangan pada kain putih yang sudiah disediakan pihak sekolah. Hal itu menurutnya merupakan sebuah janji bagi para siswa untuk selalu bersifat jujur.

“Kalau sudah tanda tangan berarti kan sepakat, dan itu janji. Jika sudah berjanji, sebisa mungkin harus ditepati,” tambahnya.

Hal sama dikatakan Anitha Paramasari yang juga siswi kelas X MIA. Baginya, deklarasi kejujuran ini merupakan sebuah janji yang bahkan tidak hanya berlaku selama dirinya menjadi siswi di SMA 1, tapi harus terus melekat sampai terjun di masyarakat nanti.

“Setidaknya ini menjadi usaha kami untuk menjadi generasi muda yang lebih baik. Soal nanti akan lupa dengan deklarasi ini juga semua tidak tahu. Tapi, yang paling penting sekarang kami akan berusaha jujur setiap kali mengerjakan ujian atau ulangan harian, seperti di UKK 26 Mei nanti,” terangnya.

Deklarasi kejujuran itu dilakukan saat apel di lapangan bola yang diikuti ratusan siswa dari kelas X dan XI, yang dipimpin oleh Kepala Sekolah Hj. Kastri Wahyuni, S.Pd. Selanjutnya, seluruh elemen sekolah menuangkan tanda tangan di atas kain putih seluas 1 x 3 meter. (ans)

You might also like

Comments are closed.