Seru, Anak-anak Padamkan Api dalam Playdate Orangtualogy

METROSEMARANG.COM – Kantor Dinas Pemadam Kebakaran terlihat riuh. Anak-anak berbaju merah tersebut terlihat antusias bergantian menaiki dan berkeliling mobil pemadam kebakaran yang dikemas dalam acara playdate ‘Little Adventurers Meet Fireman and Fire Truck’, Minggu (1/10) di markas Damkar Jalan Madukoro Raya Semarang.

Little Adventurers Meet Fireman and Fire Truck di kantor Damkar Semarang. Foto: istimewa

Setelah merasakan naik mobil pemadam, anak-anak mengenakan atribut pemadam seperti jaket, helm dan selang sambil berfoto didepan mobil pemadam. Setelah itu mereka digiring ke aula untuk diberi edukasi tentang bahaya api, penanganan kebakaran, dan pengenalan profesi pemadam kebakaran serta pengenalan atribut seperti jaket pemadam, helm, masker hidung, sarung tangan, senter, dan selang air.

Selain itu fasilitator dari Pemadam Kebakaran juga memutar video tentang bahaya api dan pengenalan profesi. Yang paling seru anak-anak juga diberi kesempatan untuk menyemprot air dan memadamkan api dalam sesi simulasi pemadaman kebakaran.

Penyelenggara acara, Nia Nurdiansyah mengemukakan bahwa Playdate ini memfasilitasi anak-anak untuk mengeksplorasi jenis-jenis profesi yang menarik perhatian mereka.

“Seringkali mereka tertarik pada alat-alat transportasi dan juga profesi pemadam kebakaran karena pekerjaaan mereka yang unik yaitu memadamkan api. Melalui playdate kali ini Selain bereksplorasi secara langsung, anak-anak juga dikenalkan bahwa api bisa menjadi sumber bahaya jika tidak ditangai dengan tepat,” imbuh Nia yang merupakan co founder dari Rumah Main Katumbiri.

Menurutnya anak-anak juga perlu mendapatkan pengalaman mengenal berbagai hal baik mengenai berbagai pengetahuan maupun practical life. Selama Ini Komunitas Orangtualogy kerap melibatkan anak-anak dalam sejumlah kegiatan yang dikemas dalam bentuk playdate. Seperti membuat jamu sendiri, belajar bahasa inggris, membuat mainan dari barang bekas, belajar menjadi petani, belajar mengenai kuman, serta belajar berwirausaha.

Angga Setiawan penulis buku “Anak Juga Manusia”yang siang itu berpartisipasi terkesan. “Senang sekali bisa bergabung dengan Komunitas Orangtualogy. Di sini banyak sekali kegiatan yang diselenggarakan untuk mendukung kebersamaan antara orang tua dan anak. Saya sarankan teman-teman di Semarang untuk bergabung dengan komunitas ini apabila butuh referensi kegiatan bersama anak,” tuturnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.