Server Ngadat, Hari Pertama UNBK SMP Tersendat

METROSEMARANG – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk peserta sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Semarang pada hari pertama, Senin (13/4), tersendat. Pasalnya, banyak komputer di sejumlah sekolah yang ngadat sehingga membuat para peserta ujian tak bisa mendownload soal ujian secara online.

Ilustrasi

“Kami pakai tiga lab, di lab terakhir tadi siswa tidak bisa online. Setelah saya konfirmasi, ternyata itu memang dari pusat,” kata Kepala SMP Negeri 5 Kota Semarang, Setiyo Budi, Senin (23/4).

Ia menjelaskan komputer siswanya mengalami gangguan selama beberapa menit. Kemudian, sebagai solusinya tiap siswa diminta menunggu sampai server normal kembali. “Tapi seperti tadi kita lihat, sesi satu berjalan sebagaimana mestinya,” bebernya.

Baca Juga: UNBK yang Tak Mulus-Mulus Saja

Senada diungkapkan Humas Proktor SMP Negeri 17 Tukijo ihwal pelaksanaan UNBK di sekolahnya hari ini. Menurutnya server komputer sekolahnya ngadat karena ada perbaikan dari server pusat di Jakarta. Namun, ia mengklaim hal itu tidak mengganggu jalannya UNBK di sekolahnya.

“Tadi kena juga.Tapi tidak masalah. Saat itu siswa tetap bisa jalan mengerjakan soalnya kok,” ujar Tukijo.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Bunyamin, beralasan kendala server pada komputer peserta UNBK SMP sudah bisa diatasi. Semua peserta ujian, menurutnya sudah mengerjakan soal tanpa dirugikan.

Di Semarang, ia menambahkan, ada 23.977 peserta UNBK dari 218 SMP sederajat ikut ujian sampai Kamis (26/4) besok. Hari ini, ujian untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia.

“Ada laporan dari sekolah-sekolah, sebentar memang ada gangguan sebentar tapi sudah teratasi. Waktu untuk anak didik tidak akan dikurangi, dua jam penuh untuk mengerjakan soal,” tandasnya. (far)

You might also like

Comments are closed.