Siang Ini, ‘Senyap’ Diputar di Unika

'Senyap'
‘Senyap’

SEMARANG – Film ‘The Look of Silence’ atau ‘Senyap’ akan diputar di Ruang Teater Gedung Thomas Aquinas Universitas Katolik Soegijapranata (Unika) Semarang, Jumat (12/11) siang ini pukul 14.00 WIB.

Film ‘Senyap’ merupakan film dokumenter kedua karya sutradara Amerika Serikat ,Joshua Oppenheimer, dengan tema sentral pembantaian massal 1965 setelah film ‘The Act of Killing’ atau ‘Jagal’. Jika film ‘Jagal’ menyoroti sisi pelaku pembantaian, maka film kedua ini lebih menyoroti sisi penyintas dan keluarga korban.

Selepas pemutaran, akan dilanjutkan dengan diskusi yang akan dihadiri oleh sejarawan Universitas Gajah Mada (UGM), Dr Budiawan. Diskusi akan dipandu budayawan, Gunawan Budi Susanto alias Kang Putu.

Dijelaskan Koordinator Komunitas Pegiat Sejarah (KPS) Semarang, Rukardi Achmadi, selain KPS, yang terlibat dalam penyelenggaraan pemutaran film dan diskusi ini adalah Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Semarang, Lembaga Studi Sosial dan Agama (Elsa) Semarang, Program Magister Lingkungan dan Perkotaan (PMLP) Unika, media sosial @KotaSMG, The Heritage Coffee (THC), Satjipto Rahardjo Institute (SRI) Semarang, dan lainnya.

Untuk informasi lanjut, dapat menghubungi Rukardi: 081325546770, Anton Sudibyo: 081325343556, atau Sohirin: 081914474832. (MS-08)

You might also like

Comments are closed.