Siapkan Regenerasi, 118 Wasit Digembleng di Semarang

METROSEMARANG.COM – Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Tengah menggelar kursus wasit nasional C1 di Hotel Muri Semarang. Sebanyak 118 wasit terbaik perwakilan Asprov di Indonesia bakal digembleng selama enam hari, mulai Rabu (1/3) sampai Senin (6/3) mendatang.

Ilustrasi. Sebanyak 118 orang mengikuti kursus wasit nasionalisme C1 di Semarang. Foto: dok

“Kegiatan ini merupakan program kerja Komite Wasit Asprov PSSI Jateng sebagai upaya regenerasi wasit yang sudah banyak memasuki masa paripurna,” kata Supriyanto dari Komite Wasit Asprov PSSI Jateng.

Dia menambahkan, para peserta tidak hanya berasal dari Jawa Tengah. “Asprov lain juga mengirimkan wasit-wasit terbaik untuk mengikuti kursus wasit nasional C 1 ini,” bebernya.

Menurut Supriyanto, regenerasi wasit menjadi agenda wajib PSSI. Apalagi kompetisi Linus, Liga 2, dan Liga 1 akan segera digulirkan.

Para pengadil lapangan ini wajib menjalani beberapa tahapan, mulai tes fitness dan tes kelengkapan administrasi, hingga rule of the game. Pada Kamis (2/3), mereka akan melakoni tes fitness yaitu fisik di Unnes Sekaran.

”Saya melihat wasit-wasit sekarang banyak dari kalangan guru-guru dan akademis. Ini cukup bagus dan sangat baik. Otomatis SDM wasit semakin meningkat dan lebih pintar,” tukasnya.

Mereka yang tidak lolos bakal langsung dipulangkan. Sementara, bagi wasit yang lulus kursus nasional C1 ini bisa memimpin pertandingan langsung pada kompetisi Linus 2017 ini. (twy)

You might also like

Comments are closed.