Sibuk Urus Open House, Bang Yos Batal Berlebaran di Gunungpati

Rumah Sutiyoso di Pongangan Gunungpati. Pada Lebaran tahun ini, Bang Yos batal mudik ke kampung halamannya tersebut. Foto: metrosemarang.com/dok
Rumah Sutiyoso di Pongangan Gunungpati. Pada Lebaran tahun ini, Bang Yos batal mudik ke kampung halamannya tersebut. Foto: metrosemarang.com/dok

SEMARANG – Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Letjen TNI (Purn) Sutiyoso pada Lebaran 1 Syawal 1436 Hijriah tidak merayakan Lebaran di kampung halamannya di Pongongan Kecamatan Gunungpati Semarang. Hal itu diungkapkan Herry Purwanto, yang tak lain kemekanan bekas Gubernur DKI Jakarta dua periode tersebut.

“Bang Yos tidak jadi berlebaran di sini. Karena biasanya kalau H+2 Lebaran dia mengabari ke kita untuk persiapan Lebaran. Tapi malam ini ada kabar dari Jakarta kalau untuk tahun ini tidak berlebaran di sini,” kata dia, kepada metrosemarang.com, Minggu (19/7).

Sutiyoso, merupakan Kepala BIN yang baru dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana Negara belum lama ini. Bang Yos, sapaan akrabnya merintis karir di dunia ketentaraan dari Akademi Militer Nasional (AMN), Magelang pada 1968 silam.

Setelah itu, ia pun memperoleh sejumlah jabatan prestisius mulai menjadi Wadanjen Koppasus, Panglima Kodam Jaya hingga Gubernur DKI Jakarta dua periode. Usai pensiun, pria kelahiran 6 Desember 1944 ini mendirikan PKPI dan menjadi parpol pendukung Jokowi-JK.

Lebih jauh, Herry menyampaikan, kesibukan menerima tamu negara di Jakarta, menjadi alasan Bang Yos tidak berlebaran di Semarang. “Mungkin dia sibuk di Jakarta jadi tidak pulang ke sini,” terang dia.

Kendati demikian, ia memaklumi kesibukan Bang Yos usai dilantik menjadi pucuk pimpinan lembaga telik sandi negara tersebut. Saat ini, pihak keluarga hanya menggelar acara halalbihalal di kampung halaman Bang Yos. (far)

You might also like

Comments are closed.