Sidang Kepailitan, 49 Kreditur Gagal Tunjukkan Berkas Hutang Nyonya Meneer

METROSEMARANG.COM – Sebanyak 49 kreditur gagal menunjukkan surat piutang yang jadi tanggungan PT Nyonya Meneer. Fakta tersebut muncul dari hasil sidang verifikasi kasus kepailitan Nyonya Meneer yang digelar di PN Semarang, Senin (4/9).

Sidang kepailitan Nyonya Meneer di PN Semarang, Senin (4/9). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Ade Liansyah, anggota tim kurator kepailitan yang ditunjuk PN Semarang menyatakan bahwa puluhan kreditur itu  tidak dapat menunjukkan bukti asli riwayat hutangnya. Jumlah 49 kreditur itu mengklaim Nyonya Meneer punya tanggungan hutang mencapai Rp 47 miliar.

“Sejauh ini, pihak kurator telah mendata aset PT Nyonya Mener dan mengumpulkan para kreditur,” bebernya.

Sementara itu, kurator lainnya, Wahyu Hidayat mengatakan pihaknya tidak menemukan dokumen pendukung yang membuktikan riwayat hutang antara PT Nyonya Meneer dengan para kreditur yang dimaksud diatas.

“Ternyata banyak yang tidak bisa menunjukkan hubungan hukum hutang piutang. Kedua, dokumen yang dihadirkan sangat minim,” paparnya.

Minimnya kelengkapan dokumen mulai dari pelaporan hanya berupa surat kuasa dan kartu tanda penduduk. 49 kreditur juga tak melampirkan nilai utang, serta hubungan hukumnya.

“Ini tidak final. Masih ada prosedur. Kalau nanti sesuai prosedur, (dokumen) kita terima,” kata Wahyu.

Tim kurator menyebutkan bahwa total utang Nyonya Meneer yang diajukan Rp 252 miliar. Hutang itu diajukan 85 kreditur. (far)

You might also like

Comments are closed.