Sinakes Online Pangkas Perizinan jadi 18 Jam

METROSEMARANG.COM – Pemerintah Kota Semarang meluncurkan program Sinakes Online, yakni Sistem Informasi Tenaga Kesehatan Online. Dengan aplikasi ini tenaga kesehatan di Kota Semarang semakin mudah dalam mengurus perizinan terkait profesi.

Para tenaga kesehatan sedang mengajukan perizinan,Kamis (29/3). Melalui Sinakes Online proses perizinan mereka cukup 18 jam sudah jadi. Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kota Semarang, Ulfi Imron Basuki mengatakan, peluncuran Sinakes Online ini merupakan salah satu upaya untuk modernisasi dan menyederhanakan pengajuan izin bagi tenaga kesehatan. Selama ini dilakukan secara manual menggunakan kertas, sehingga butuh waktu lama.

‘’Dengan sistem ini maka perizinan yang semula butuh waktu selama 18 hari menjadi cukup 18 jam. Setiap hari ada 70-100 pemohon yang mengajukan izin,’’ katanya usai peluncuran oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di Gedung Diklat RSUP Dr Kariadi Semarang, Rabu (29/3).

Seorang tenaga kesehatan yang mengajukan izin profesi, harus melengkapi berkas-berkas terlebih dahulu di organisasi profesi. Setelah itu organisasi profesi yang akan melakukan pengurusan izin ke Dinas Kesehatan yang dilakukan secara online.

‘’Setelah keluar rekomendasi kepala Dinas Kesehatan, dikirim ke DPM PTSP lalu kita lakukan verifikasi dan penandatanganan,’’ katanya.

Perizinan yang dilayani melalui aplikasi Sinakes Online, meliputi layanan izin bidan, perawat, apoteker, farmasi, perizinan pendirian klinik psikoterapi, klinik radiographi, dan klinik laboratorium.

Aplikasi Sinakes Online ini terintegrasi dalam tiga kelembagaan yang menangani proses perizinan tenaga kesehatan tersebut. Yaitu Organisasi Profesi, Dinas Kesehatan Kota Semarang dan DPM-PTSP Kota Semarang.

Wali Kota Hendrar Prihadi menegaskan, aplikasi ini merupakan wujud penyederhanaan layanan perizinan kepada masyarakat terutama layanan perizinan bagi tenaga kesehatan. Selama ini birokrasi pemerintahnya dalam pelayanan diakui sangat lama.

‘’Maka dari itu kami memangkas menjadi seperti ini. Dengan ini pemohon tidak perlu membawa berkas izin,’’ ujarnya.

Dia berharap aplikasi Sinakes Online dapat menjawab permasalahan perizinan tenaga kesehatan. Berupa penanganan berkas perizinan, pencatatan izin, pencetakan surat izin, sampai dengan informasi data perizinan tenaga kesehatan.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Widoyono mengatakan, penerapan sistem online dalam permohonan ijin profesi bagi tenaga kesehatan ini memiliki beberapa keuntungan. Di antaranya pemangkasan waktu pengurusan, lebih praktis, dan sebagai salah satu antisipasi atau pencegahan terhadap pungutan liar (pungli). (duh)

You might also like

Comments are closed.