Siswa SD Kendal Berlomba Kenal Wayang dan Karakternya

KENDAL –  Puluhan siswa sekolah dasar di Kendal ikut lomba mengenal wayang, Kamis (26/4). Bukan hanya mengenalkan bentuk wayang saja, tetapi anak-anak ini juga mengenal karakter wayang dan alur cerita tokoh wayang tersebut.

lomba kenal wayang
Siswa SD se-kabupaten Kendal ikut lomba kenal wayang yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kendal Kamis (26/04) siang di pendopo Kendal. (Foto: metrojateng.com/edi prayitno)

Lomba yang digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kendal ini merupakan upaya pelestarian kebudayaan jawa, khususnya wayang kulit. Ditengah-tengah gempuran teknologi, anak-anak tidak lagi melirik wayang dan lebih menyukai bermain gawai.

Materi lomba meliputi kisah dan tokoh-tokoh yang ada di Mahabharata. Seperti Pandawa dan Kurawa, serta cerita Ramayana yaitu Rama,Shinta, Rahwana dan Kumbakarna. Lomba dikemas dalam bentuk cerdas cermat dan materinya dari tahun ke tahun selalu berbeda agar pengenalan wayang tidak sebatas pada bentuk dan karakter saja.

Anak-anak juga diajarkan cara memainkan wayang, agar mereka lebih mencintai budaya wayang. Kepala Bidang Kebudayaan, Irianto mengatakan lomba kenal wayang ini untuk melestarikan budaya jawa. “Harapannya anak-anak lebih mencintai kebudayaan sendiri khususnya dalam seni wayang kulit,” katanya.

Sementara itu peserta lomba, Nadia Firnanda Putri menyatakan ketertarikannya belajar mengenal wayang. Menurutnya cerita pewayangan unik dan menarik. “Suka wayang karena ceritanya menarik. Kalau tokoh wayang yang paling disukai adalah Dewi Shinta karena kecantikannya,” jelas Nadia.

Comments are closed.