Siswa SMA Kebon Dalem Manfaatkan Limbah Plastik untuk Bahan Baku Baterai Kering

Siswa SMA Kebon Dalem Semarang menunjukkan hasil risetnya memanfaatkan limbah plastik untuk bahan baku baterai kering. Foto: metrosemarang.com/abdul arif
Siswa SMA Kebon Dalem Semarang menunjukkan hasil risetnya memanfaatkan limbah plastik untuk bahan baku baterai kering. Foto: metrosemarang.com/abdul arif

 

METROSEMARANG.COM – Tiga siswa SMA Kebon Dalem Semarang memanfaatkan limbah plastik sebahai bahan baku untuk membuat baterai kering. Ketiganya yaitu Aulia Felicia ( 16), Benecdita Brigita (17) dan Meliana Dewi (16) yang kini duduk di kelas XI.

Brigita mengatakan, ide tersebut muncul melihat potensi sampah di Kota Semarang cukup tinggi. Saban hari, kata dia, Kota Semarang mampu menghasilkan sebanyak 800-1000 kubik sampah. Dia bersama tim berpikir untuk mendaur ulang.

Terlebih, ada rencana TPA Jatibarang akan memanfaatkan sampah sebagai pembangkit listrik tenaga sampah. Adanya pengolahan sampah plastik itu akan meninggalkan limbah berupa arang plastik dalam jumlah yang cukup banyak. Arang plastik tersebut selanjutnya dipakai untuk bahan baku baterai.

Aulia menambahkan, pemanfaatan arang ditumbuk terlebih dahulu. Baterai yang sudah tak berenergi dikeluarkan pastanya. Selanjutnya diisi dengan arang plastik yang sudah ditumbuk dan disaring. Saat dimasukkan, arang ditambah dengan campuran NH4cl dan aquadest.

“Selanjutnya ditutup dan dikemas,” katanya di sela-sela acara Research Camp IV, Jumat (23/10).

Dia mengatakan, ujicoba penelitian dilakukan selama lebih kurang seminggu. Hasilnya, baterai dengan arang plastik tersebut mampu menghasilkan energi listrik dengan tegangan sebesar 1,05 volt dan arus listrik keluaran 10 mA.

“Baterai dengan arang plastik ini bisa menyalakan lampu LED selama lebih kurang 12 jam,” kata Meliana menambahkan.

Adapun, hasil penelitian ketiga siswa tersebut akan dipamerkan dalam Kompetisi Inovasi Daur Ulang Barang Bekas (Kidubarkas) 2015 yang akan digelar di Lawang Sewu pada 24-26 Oktober mendatang. (arf)

You might also like

Comments are closed.