Siti Masitha Ditangkap KPK, Nursholeh jadi Plt Wali Kota Tegal

METROSEMARANG.COM – Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akhirnya menunjuk Nursholeh sebagai pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Tegal untuk mengisi kekosongan jabata, setelah Siti Masitha Suparno terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dua hari kemarin.

Nursholeh akan menggantikan Siti Masitha sebagai Plt Wali Kota Tegal. Foto: facebook bunda sitha peduli

Penunjukan Nursholeh sebagai Plt Wali Kota Tegal tersebut diungkapkan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, pada Kamis (31/8). Nursholeh sebelumnya menjabat sebagai Wakil Wali Kota Tegal sejak 2013 silam.

“Saya sudah sampaikan di hadapan pejabat Pemkot Tegal, bahwa sudah menandatangani surat tembusan dari Mendagri (Tjahjo Kumolo) melalui Ditjen Otda untuk menetapkan Plt Wali Kota Tegal. Proses administrasinya sudah beres sehingga pejabat yang menggantikannya dari Wakil Wali Kota,” ujar Ganjar.

Lebih jauh lagi, ia mengatakan telah berpesan kepada jajaran pejabat Pemkot Tegal untuk berkomitmen sekaligus disumpah agar tidak melakukan tindak pidana korupai terutama yang bersifat grarifikasi.

Gubernur Ganjar Pranowo memberi pengarahan kepada pejabat dan ASN Pemkot Tegal. Foto: istimewa

Ia ingin para pejabat meningkatkan pelayanannya bagi masyarakat Kota Tegal serta membangun sistem yang lebih transparan dan terbuka.

“Untuk teknis administrasinya memang harus ada perbaikan. Yang saya heran, mengapa semua pejabat yang ada di sini masih berstatus Plt. Bahkan, sekdanya juga Plt. Menurut saya birokrasinya itu tidak sehat,” bebernya.

Seharusnya, kata dia, para pejabat Kota Tegal mendapat surat penetapan status kerja mereka.

“Mestinya ditetapkan saja mereka, bisa memakai sistem promosi terbuka. Saya malah mengapresiasi kepada pihak-pihak yang menang gugatan terhadap Wali Kota yang lama (Siti Masitha),” bebernya.

Sedangkan Nursholeh mengaku telah menerima surat pengangkatannya sebagai Plt Wali Kota Tegal. Mulai hari ini dirinya sudah bisa bekerja dengan optimal.

“Surat dari Kemendagri sudah ditunjukkan kepada saya hari ini. Tugasnya sebagai Plt sembari menunggu status tersangka (Siti Masitha),” pungkasnya. (far)

You might also like

Comments are closed.