SMA 3 Semarang Jaring 26 Siswa untuk Program KCC

Bambang Nianto Foto: metrosemarang.com/dok
Bambang Nianto Mulyo
Foto: metrosemarang.com/dok

SEMARANG – SMA Negeri 3 Semarang menjaring 26 siswa yang diproyeksikan masuk Kelas Cerdas Cepat (KCC). Program ini memungkinkan siswa merampungkam pendidikan sekolah menengah lebih dini, yakni dua tahun.

Kepala SMA Negeri 3 Semarang Bambang Nianto Mulyo mengatakan, proses penjaringan berlangsung selama empat hari, mulai 8 Juli sampai 11 Juli 2015. Kelas baru tersebut baru dibuka tahun ini dan diminati 54 siswa.

“Tapi, tidak semua memenuhi syarat. Sudah ada 26 siswa untuk satu kelas dan sejak kemarin sudah memulai kegiatan belajar mengajar,” katanya, Selasa (28/7).

Berdasar Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2013 tentang Standar Pelayanan Minimal, disebutkan jumlah minimal siswa satu kelas adalah 20. Penjaringan 26 siswa, untuk mengantisipasi jika ada siswa yang mengundurkan diri, maka KCC tetap bisa berjalan kegiatan belajar mengajarnya.

Untuk bisa menjadi  bagian dari KCC, para siswa harus memenuhi sejumlah persyaratan. Di antaranya, calon peserta didik harus memiliki Nilai Ujian Akhir Nasional 37,00. Nilai rapor SMP untuk mata pelajaran matematika dan IPA minimal semester I hingga V rata-rata minimal 8,0. Selain itu, siswa peminat KCC masih harus mengikuti tes potensi akademik dan psikotes untuk mengetahui ketahanan siswa terhadap proses belajar dalam KCC.

Dari tes potensi akademik diketahui indeks prestasi. Peminat KCC yang diterima minimal harus memiliki indeks prestasi 3,37. Dalam tiap semester berikutnya, indeks prestasi minimal yang harus dicapai juga 3,37.

Bambang menambahkan, KCC berbeda dengan kelas akselerasi. KCC dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 158 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Sistem Kredit Semester Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. SMA Negeri 3 Semarang merupakan sekolah yang memakai sistem kredit semester. (MS-06)

You might also like

Comments are closed.