SMAN 1 Semarang Kenalkan Siswa Program Studi di Undip

Program Studi di Undip
Kepala SMAN 1 Semarang Kastri Wahyuni serahkan plakat kepada Rektor Undip Prof Yos Johan Utama. Foto: metrosemarang.com/abdul arif

 

METROSEMARANG.COM – Ratusan siswa SMAN 1 Semarang memadati gedung auditorium Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Senin (12/10). Mereka menyimak pemaparan Rektor Prof Yos Johan Utama terkait sistem seleksi mahasiswa baru dalam kunjungan ke Undip itu.

Waka akademik SMAN  1 Semarang, Sri Purnama Dewi mengatakan, peserta kunjungan adalah siswa kelas XII. Ada sejumlah 446 siswa yang ikut serta. “Usai ujian tengah semester (UTS) di kalender pendidikan ada jeda dan tak boleh diisi dengan KBM.  SMAN 1 mengajak anak-anak kelas XII untuk kunjungan ke perguruan tinggi,” katanya.

Dia mengatakan, dalam kunjungan itu siswa bisa mengenali berbagai macam program studi di Undip. Siswa dibagi menjadi 11 kelompok dan diterjunkan ke berbagai fakultas yang berlangsung selama dua hari.

Kepala SMAN 1 Semarang, Kastri Wahyuni menyampaikan tujuan kunjungan itu untuk membuka wawasan siswa terkait fakultas di perguruan tinggi. “Agar mereka bisa menyalurkan potensi diri ke fakultas yang sesuai. Biasanya mereka dapat informasi dari internet. Kalau mereka bisa tatap muka langsung dengan pengelola kampus, anak-anak bisa tanya langsung terkait fakultas sekaligus prospek ke depannya,” katanya.

Rektor Undip Prof Yos Johan Utama mengapresiasi kegiatan kunjungan tersebut. Menurut dia,  siswa bisa mendapatkan bekal informasi yang cukup sebagai persiapan melanjutan studi di perguruan tinggi.

SMAN 1 Semarang juga akan melakukan kunjungan yang sama ke beberapa perguruan tinggi lainnya. Rencanaya akan ke UGM, UPN, ITB, IPB dan UI. (arf)

You might also like

Comments are closed.