SMAN 1 Semarang Mantap Kembangkan Ujian CBT

Siswa SMA Negeri 1 Semarang mengerjakan soal ujian tengah semester (UTS). Ujian berbasis komputer akan terus dipertahankan. Foto: metrosemarang.com/MS-06
Siswa SMA Negeri 1 Semarang mengerjakan soal ujian tengah semester (UTS). Ujian berbasis komputer akan terus dipertahankan. Foto: metrosemarang.com/MS-06

 

METROSEMARANG.COM – SMA Negeri 1 Semarang akan serius mengembangkan program evaluasi pembelajaran online atau yang biasa dikenal Computer Based Test (CBT). Hal itu dinyatakan oleh Kepala SMAN 1 Semarang. Kastri Wahyuni, Senin (12/10).

Kastri nengatakan, rencana itu mengacu ujicoba ujian tengah semester (UTS) berbasis komputer yang dilakukan beberapa wakti lalu. Dia nengatakan, pelaksanaan UTS CBT di sekolahnya berjalan lancar.

“Makanya kami akan pastikan segala hal berhubungan tes basisnya komputer. Ini tak hanya baik bagi siswa tapi juga bagi guru untuk meningkatkan kualitas diri,” katanya kepada metrosemarang.com.

Dia menyampaikan, ujicoba yang dilakukan itu sudah baik.  Pelaksanaan tes dari segi teknis lebih efektif dan efisien. Siswa juga bisa langsung mengakses nilainya setelah mengikuti tes. “Guru tidak terlalu ribet,” katanya.

Kastri mengatakan, hasil ujicoba tersebut akan disampaikan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang besok.

Waka Bidang Akademik SMAN 1 Sri Purnama Dewi menambahkan, pelaksanaan UTS CBT di sekolahnya berbeda dengan UN online. Dia mengungkapkan, saat UN anak-anak mengerjakan soal dengan bantuan komputer. Sementara UTS kali ini siswa cukup pakai gadget berupa smartphone maupun tablet.

“Kami pakai server lokal. Begitu login anak tidak bisa terkoneksi dengan internet. Jadi tidak bisa browsing dan lainnya. Soal pun teracak secara otomatis,” katanya. (arf)

You might also like

Comments are closed.