Smansa Care, Bakti Sosial ala SMAN 1 Semarang

Smansa Care
Smansa Care

Guna memunculkan rasa kepedulian terhadap sesama, puluhan siswa SMAN 1 Semarang melakukan bakti sosial di Kelurahan Rowosari, Kecamatan Tembalang, Semarang. Selama dua pekan mereka melaksanakan serangkaian kegiatan sosial yang disebut dengan “Smansa Care”. Menurut Kepala Humas SMAN 1 Semarang, Dra. Hj. Kunmarlina Lubis, M.Pd, kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan dari kesiswaan yang didukung oleh program Humas.

Rangkaian kegiatan bakti sosial ini dilaksanakan mulai Senin (8/9). Rangkaian pertama dengan membagi-bagikan sembako, disusul hari berikutnya dengan pemberian pengobatan gratis, donor darah, serta penanaman ribuan pohon mangrove. Dengan kegiatan ini baik siswa ataupun masyarakat diharapkan terjadi simbiosis mutualisme.

Alasan dipilihnya desa Rowosari sebagai sasaran bakti sosial bagi siswa-siswi SMAN 1 Semarang ini, karena daerah tersebut penduduknya rata-rata berasal dari kelas ekonomi menengah ke bawah. Menurut Lurah Rowosari, Winarno, pihaknya juga melakukan seleksi dan memberikan laporan kepada SMAN 1 terkait identittas warga yang layak diberikan bantuan.

“Kami memberikan 400 data warga Rowosari yang layak diberikan bantuan, kami juga mengucapkan terimakasih kepada SMAN 1 Semarang yang telah berpartisipasi dengan melakukan kegiatan bakti sosial ini,” tutur Winarno.

Bu Samiyati, Salah satu warga Rowosari yang mendapatkan bantuan dari SMAN 1 merasa senang dan terbantu dengan pemberian sembako tersebut. “Saya harap perhatian ini tidak berhenti sampai di sini saja karena masih banyak warga yang membutuhkan uluran tangan dari para dermawan,” imbuh Samiyati.

Kegiatan SMANSA Care ini tidak hanya melibatkan para siswa yang berjumlah 70 saja, namun juga para dokter serta apoteker yang merupakan alumni. Jumlah dokter yang diterjunkan guna melakukan bantuan pengobatan gratis sebanyak 5 orang dan 2 apoteker. Menurut Lubis, diharapkan dengan kegiatan ini para siswa memiliki kepedulian dan berkarakter, terlebih SMAN 1 Semarang ini merupakan sekolah unggulan, sekolah sehat yang berwawasan Adiyata. (joe)

 

You might also like

Comments are closed.