Soal DP 0 Persen, REI Jateng Tetap Ikuti Aturan Bank Indonesia

METROSEMARANG.COM – Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah tetap mengikuti aturan yang ada di Bank Indonesia untuk penetapan Down Payment (DP) untuk pembelian rumah. Wakil Ketua Bidang Promosi Humas dan Publikasi REI Jateng, Dibya K Hidayat sudah diatur besaran DP untuk pembelian rumah sebagai rumah pertama, kedua dan ketiga.

Pameran Perumahan di Mal Ciputra Semarang, belum lama ini. REI Jateng tetap berpedoman pada aturan BI terkait DP pembelian unit perumahan. Foto: metrosemarang.com/dok

“Untuk rumah pertama DPnya 20 persen, untuk rumah kedua DPnya 15 persen. Sedangkan untuk rumah ketiga DPnya 10 persen,” paparnya belum lama ini di Pameran REI yang berlangsung di Mal Ciputra Semarang.

Saat ini, pembelian rumah di Kota Semarang dan sekitarnya masih dominan digunakan sebagai tempat hunian pertama. Pembelian sebagai investasi atau rumah kedua dan ketiga masih jarang dilakukan.

Terlebih lagi, tambahnya, pembelian rumah dengan DP 0 persen dirasa akan berpotensi untuk memberatkan konsumen lantaran penyesuaian yang dilakukan dalam angsuran berikutnya. Dia mengkhawatirkan banyak konsumen yang mengalami gagal bayar jika angsuran terlalu tinggi.

“Kami rasa REI akan tetap pada aturan BI, yaitu DP 20 persen. Jika ada yang menawarkan DP 0 persen, itu mungkin hanya gimmick dari pengembang,” pungkasnya. (ade)

You might also like

Comments are closed.