Sosialisasikan Asian Para Games 2018, INAPGOC Gelar Road Show di 16 Kota

METROSEMARANG.COM – Indonesia Asian Para Games Organizing Commitee (INAPGOC) menyosialisasikan penyelenggaraan Asian Para Games (APG) yang akan dilaksanakan di Jakarta pada 6-13 Oktober 2018. Sosialisasi digelar di 16 kota dengan melibatkan atlet penyandang disabilitas.

Sosialisasi Asian Para Games 2018 di Mal Sri Ratu Semarang, Jumat (22/12). Foto: metrosemarang.con

Bambang Dwi Atmaja, perwakilan INAPGOC mengatakan, sosialisasi tersebut merupakan upaya untuk menambah pengetahuan masyarakat, sekaligus meningkatkan gaung APG, di mana Indonesia akan menjadi tuan rumah bagi 3.000 atlet dan ofisial dari 43 negara.

“Indonesia adalah negara pertama di Asia Tenggara yang terpilih untuk menyelenggarakan Asian Para Games. Ini adalah momen langka, sekaligus menjadi kesempatan bagi Indonesia membuktikan diri sebagai negara di Asia yang ramah disabilitas,” kata dia pada acara sosialisasi APG di Sri Ratu Pemuda Semarang,” Jumat (22/12).

Melalui penyelenggaraan APG, lanjutnya, diharapkan bisa menambah motivasi penyandang disabilitas bahwa mereka juga bisa memberikan yang terbaik bagi Bangsa Indonesia lewat prestasi di bidang olahraga.

“Sosialisasi yang kami lakukan di 20 titik di 16 kota ini merupakan tahap awal. Dengan format booth di beberapa pertokoan di tiap daerah yang disinggahi, INAPGOC ingin menginformasikan kepada masyarakat tentang APG 2018. Sosialisasi juga kami lakukan melakui media massa, kegiatan offline maupun media sosial,” beber Bambang.

Penyebaran informasi dan aktivitas APG 2018 juga melibatkan perwakilan National Paralymic Commitee (NPC), atlet penyandang disabilitas, komunitas difabel, hobbi dan pengunjung pusat perbelanjaan. Pada kegiatan sosialisasi di Semarang turut dihadirkan Doni Yulianto, peraih Emas nomor kursi roda 1.500 meter T54 putra ASEAN Para Games 2017.

“Kami juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi menjadi volunteer APG 2018. Informasi lebih lanjut bisa dilihat di website www.ina2018apg.id,” Bambang menambahkan.

APG 2018 dengan slogan “The Inspiring Spirit and Energy of Asia” hadir dengan empat misi yaitu, determination, courage, equality dan inspiration. “Keempat misi tersebut diharapkan dapat memperkenalkan tekad kuat dan kepercayaan diri para atlet dalam menghadapi segala tantangan, baik fisik maupun mental,” tutur Bambang. 

Sebagai informasi, Asian Para Games 2018 akan mempertandingkan 582 nomor dari 18 cabang olahraga. Sebelumnya, pada 6-8 Desember, INAPGOC juga telah menyampaikan kemajuan persiapan APG 2018 kepada Asian Paralympic Committee di Dubai. (twy)

You might also like

Comments are closed.