SPAM Semarang Barat Diharapkan Bisa Tekan Pencurian Air Tanah

METROSEMARANG.COM – Proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Semarang Barat diharapkan dapat mengendalikan pengambilan air tanah. Saat ini pengambilan air tanah sangat memprihatikan hingga menyebabkan penurunan muka tanah di Kota Semarang.

Warga Deliksari mengantre untuk mendapatkan air bersih. Foto: metrosemarang.com/dok

Proyek strategis ini akan menyediakan air baku dari bendungan atau Waduk Jatibarang. Nantinya air baku akan disuplai untuk memenuhi kebutuhan air bersih di wilayah Kecamatan Semarang Barat, Ngaliyan dan Tugu.

Penjabat (Pj) Dirut PDAM Tirta Moedal Kota Semarang, M Farchan menjelaskan, persoalan banjir di Semarang disebabkan oleh 3 hal. Limpasan air dari daerah Ungaran, yang sekarang sudah bisa ditahan dengan adanya Waduk Jatibarang.

Kemudian disebabkan fungsi drainase tidak mampu menampung air hujan, dan karena limpasan air laut atau sering disebut rob.

Untuk rob, lanjutnya, terjadi karena penurunan muka tanah. Di mana penurunan muka tanah disebabkan pengambilan air tanah yang tidak terkendali. Pembiaran pengambilan air tanah ini akan menjadikan rob dan banjir semakin parah.

‘’Solusinya, perlu penyediaan air baku agar eksploitasi air tanah bisa dihentikan. Sehingga program (SPAM) Semarang Barat ini program hakiki yang harus dilakukan Pemkot,’’ ungkap Farchan, Senin (26/3).

Apalagi, dunia usaha di Semarang berkembang pesat, seperti hotel yang mulai menjamur. Eksploitasi air tanah sebagian dilakukan hotel-hotel. Karenanya, SPAM Semarang Barat akan menyuplai kebutuhan air baku warga dan juga industri.

‘’Kita sekarang tidak bisa secara tegas melarang mereka mengambil air tanah, karena penyediaan air baku pemerintah masih buruk. Tapi ke depan mau tidak mau hotel harus mengambil air dari SPAM,’’ katanya.

Anggota DPRD Kota Semarang, Suharsono mengatakan, SPAM Semarang Barat memang tepat nantinya menyasar wilayah Semarang Barat, Ngaliyan dan Tugu. Karena di wilayah itu banyak sekali kawasan industri yang selama ini mengambil air tanah secara tak terkendali.

‘’Banyak sekali sumur-sumur artetis untuk pengambilan air tanah yang ada di kawasan industri,’’ katanya.

Karena pengambilan air tanah yang tidak terkendali maka terjadi penurunan muka tanah di wilayah Semarang bagian Utara. Karena itu, proyek SPAM Semarang Barat ini dari dewan akan sangat mendukung.

Dari sisi lingkungan, lanjut Politisi PKS ini, adanya SPAM Semarang Barat akan menjadikan pengambilan air tanah dibatasi bahkan dilarang. Dari sisi pendapatan, juga akan menambah pendapatan daerah karena kebutuhan air oleh industri dan perhotelan akan disuplai dari PDAM. (duh)

You might also like

Comments are closed.