Steril dari Sampah, Aturan Ini Diterapkan di Maroon Mangrove Edupark Semarang

METROSEMARANG.COM – Terobosan baru diberlakukan pengelola untuk menjaga sanitasi di kawasan Maroon Mangrove Edupark Semarang dengan membuat checklist barang bawaan pengunjung. Dengan cara seperti itu akan mengajak pengunjung agar ikut bertanggung jawab dengan barang bawaannya.

Kawasan Hutan Bakau Maroon yang dibentuk selama enam tahun. Foto: metrosemarang.com/istimewa

Ketua pengelola wisata Maroon Mangrove Edupark Semarang, Rusmani, menjelaskan penerapan formulir daftar barang tersebut. “Semisal Anda membawa botol air mineral, nanti dicatat di sini (checklist barang), dan keluar harus membawa botol tersebut,” kata dia, Rabu (26/4).

Hal ini dilakukan agar kawasan konservasi dapat terbebas dari sampah yang dilakukan secara sengaja atau tidak oleh para pengunjung. “Jadi di dalam tidak ada tempat sampah, sehingga (sampah) harus keluar semua,” tambahnya.

Selain itu, penerapan sistem ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kepada masyarakat pengunjung untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. “Kami ingin memberikan edukasi pada warga untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat,” katanya.

Penerapan checklist ini sendiri bertahap, mengingat banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan untuk mengembangkan area penanaman mangrove ini. “Keterbatasan tenaga juga menjadi kendala kami. Namun ke depan, kami akan segera melaksanakan program ini,” tutupnya. (MG-01)

You might also like

Comments are closed.