Sterilisasi Parkir Jalan Pandanaran Berlaku Besok, Ini Ketentuannya

Mulai besok, kawasan Jalan Pandanaran akan steril dari parkir kendaraan. Foto Metrosemarang/Ade Lukmono
Mulai besok, kawasan Jalan Pandanaran akan steril dari parkir kendaraan. Foto Metrosemarang/Ade Lukmono

SEMARANG – Kebijakan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang menertibkan parkir di Jalan Pandanaran akan berlaku besok (1/12). Namun, kebijakan itu tidak berlaku menyeluruh dan masih ada area tertentu yang bisa digunakan untuk parkir.

Hal itu diungkapkan oleh Kabid Perparkiran Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo), Tri Wibowo. “Sebenarnya kebijakan ini tidak berlaku untuk sepanjang Jalan Pandanaran, melainkan hanya mulai dari perempatan timur pusat oleh-oleh sampai Bundaran Tugumuda Semarang,” ujarnya.

Selain itu, larangan parkir hanya berlaku untuk kendaraan yang parkir di badan jalan dan trotoar. Sedangkan para pemilik usaha yang sudah mempunyai lahan parkir sendiri di halamannya, tetap boleh menggunakan lahan parkirnya.

Tri menambahkan, pengalihan parkir akan diarahkan ke dua tempat, yakni di Jalan Batan Selatan dan Jalan HOS Cokroaminoto. “Kebetulan, awal Desember nanti Pasar Bulu sudah siap beroperasi. Pedagang yang semula menempati Jalan tersebut sudah bisa berjualan di dalam pasar, sehingga jalanan bisa dibuat kantung parkir untuk pengunjung pusat oleh-oleh,” terang dia.

Dia berharap, penetapan ini bisa mengurai kemacetan yang sering terjadi, terutama ketika pengunjung pusat oleh-oleh ramai. (ade)

You might also like

Comments are closed.