Stok Darah Menipis, PMI Sambangi Kodam IV Diponegoro

METROSEMARANG.COM – Markas Kodam IV Diponegoro bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar donor darah sebagai upaya untuk membantu lembaga kemanusiaan tersebut dalam menyediakan stok darah selama perayaan Idul Fitri 1438 Hijriyah nanti.

Donor Darah di Makodam IV Diponegoro. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

“Karena PMI butuh banyak stok darah, maka diharapkan dari masyarakat umum dan personel kita untuk ikut acara donor darah,” kata Kasi Kesehatan Preventif Kesdam IV Diponegoro, Mayor Munasir di sela kegiatan donor darah di Denmadam IV Diponegoro Pudakpayung, Kamis petang (22/6).

Ia mengatakan stok darah PMI kini menipis seiring banyaknya permintaan darah dari sejumlah rumah sakit. Makanya, selain mengadakan tarling Badan Amalan Islam (BAI) Jawa Tengah di Masjid Al Firdaus, pihaknya juga mengajak personelnya untuk sukarela menyumbangkan darahnya.

“Dari unsur TNI memang diminta untuk menyumbangkan darahnya. Ini sukarela karena bareng dengan buka puasa dan sudah disampaikan di masjid setelah buka dan selesai tarawih,” ungkapnya.

Seperti Ramadhan sebelumnya,  memasuki puasa hari ke 27, Kodam IV/Diponegoro menggelar tarawih yang dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Nuzulul Quran.

Turut hadir Kasdam IV/Diponegoro dan para pejabat jajaran Kodam IV/Diponegoro, aparat kepolisian, Sekda Sri Priyono, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Tatang Sulaiman mengatakan Ramadan merupakan bulan istimewa karena bulan yang penuh berkah dan amalan.

Bagi kehidupan prajurit dengan melaksanakan ibadah puasa selain menambah keimanan dan ketaqwaan juga mengajarkan disiplin, kesabaran dan profesional.

“Untuk meraih suatu kemenangan dibutuhkan kesabaran dan profesional,” jelasnya. Usai pelaksanaan salat tarawih, dirinya juga memberikan bingkisan kepada 250 anak yatim piatu.

KH Soepandi selaku penceramah mengatakan umat muslim sangat mengagungkan kitab suci Alquran. Alquran merupakan pedoman dalam kehidupan bagi umat muslim. (far)

You might also like

Comments are closed.