Subangkit Masih Soroti Mental Pemain PSIS

METROSEMARANG.COM – Pelatih PSIS Subangkit masih menyoroti mental bertanding anak asuhnya. Haudi Abdillah dkk kerap terlambat panas saat menghadapi lawan-lawan selevel di Liga 1.

Mental bertanding Erik Dwi Ermawansyah dkk terus dipoles jelang kick off Liga 1. Foto: metrosemarang.com

PSIS harus berpacu dengan waktu untuk berbenah sebelum kick off Liga 1 yang dijadwalkan bergulir mulai 23 Maret. Periode pramusim skuad Mahesa Jenar juga belum bisa dibilang memuaskan.

Total 14 pertandingan dilakoni anak asuh Subangkit. Hasilnya sebenarnya masih berimbang: 7 kali menang dan 7 kali kalah. Tapi, tim peringkat tiga Liga 2 2017 ini masih inferior di hadapan sesama tim Liga 1.

Dari 10 pertemuan dengan tim-tim kasta tertinggi, PSIS hanya sanggup memetik tiga kemenangan dan selebihnya berakhir dengan kekalahan. Teranyar, Mahesa Jenar takluk 0-1 saat berkunjung ke markas Madura United, Minggu (11/3).

Subangkit pun mengakui jika mental pemainnya masih harus diasah lagi. “Ini bukan masalah minder atau demam panggung. Anak-anak tidak bisa bermain lepas di 15 menit awal. Mereka sering melakukan kesalahan-kesalahan elementer. Tapi setelah itu mereka bisa kembali bermain normal,” kata dia, Rabu (14/3).

Masalahnya, kecenderungan lambat panas itu juga sering menghadirkan petaka. Dari 10 laga, empat gol bersarang di gawang PSIS saat pertandingan baru berlangsung 15 menit. Tiga gol lainnya juga terjadi di 15 menit awal babak kedua.

Saat bertemu Arema FC di Piala Presiden, gawang PSIS bahkan sudah kebobolan dua gol dalam medio 10 menit. Begitu juga ketika bertemu tim yang sama di Piala Gubernur Kaltim, di mana gawang Jandia Eka Putra sudah jebol di menit kedua.

Pada ujicoba terakhir kontra Madura United, PSIS juga kebobolan di menit 12 lewat lesakan gol Raphael Maitimo. “Tim ini banyak dihuni pemain-pemain muda yang sebagian besar datang dari Liga 2. Secara kualitas, mereka cukup potensial dan tinggal mematangkan mental bertanding saja,” tutur Subangkit.

PSIS dijadwalkan masih akan melakoni ujicoba terakhir di kandang PSIR Rembang, Minggu (18/3) mendatang. Selanjutnya tim bakal bersiap menjalani laga perdana Liga 1 melawan PSM Makassar, Minggu (25/3) di Stadion Mattoangin Andi Mattalata. (twy)

You might also like

Comments are closed.