Sudirman Said Pede Bisa Salip Popularitas Incumbent

METROSEMARANG.COM – Calon gubernur Jawa Tengah bernomor urut 2, Sudirman Said optimistis mampu mengejar tingkat popularitas kompetitornya, Ganjar Pranowo yang masih mengunggulinya mencapai 78,4 persen.

Sudirman Said optimistis bisa menandingi popularitas Ganjar Pranowo. Foto: metrosemarang.com/dok

Sudirman Said sendiri berdasarkan survei litbang Kompas punya tingkat popularitas sebesar 26,0 persen selama berkampanye di Pilgub Jateng. Sedangkan, pendampingnya, Ida Fauziyah sebesar 12,4 persen dan Taj Yasin, pendamping Ganjar sebesar 16,3 persen.

“Dimana-mana incumbent pasti lebih kuat. Tapi suatu ketika hasilnya bisa cross atau menyalip. Meski pun 79 persen, Tapi itu soal dikenal. Dan kalau kepala daerah yang sudah kerja lima tahun levelnya tidak mencapai segitu, ya ngapain selama ini?,” kata calon gubernur yang diusung koalisi Gerindra, PAN, PKS dan PKB tersebut, saat berada di Unisula, Rabu (14/3).

Ia menjelaskan, hasil survei tersebut akan menjadi pemicu kerja kerasnya. Pasalnya, survei litbang Kompas jadi bahan yang bagus apalagi mencantumkan judul yang menarik, “Segalanya Bisa Terjadi”.

Baginya, itu merupakan sinyal bahwa perjalanannya on track. Ia pun mengaku semua survei dijadikan cermin. Kalau assessment yang dipakai bukan cuma survei kuantitatif, namun kualitatif.

“Dulu saya di pasar saya dicuekin orang. Namun sekarang mulai ditegur, disapa, diminta foto. Itu kan ukuran,” tandanya.

Dengan kata lain, menurutnya, tidak ada jalan lain selain meningkatkan interaksi dengan masyarakat. Dengan dikerjakan bersamaan antara calon dengan tim.

Terpisah, survei tim Litbang Kompas juga menempatkan elektabilitas Sudirman-Ida berkutat di angka 11,8 persen atau terpaut jauh dari Ganjar yang menggandeng Taj Yasin yakni 79 persen. (far)

You might also like

Comments are closed.