Sudrun: Ukir Sandal Jepit agar Terlihat Unik

image
Sudrun (foto: Metro Semarang/Ade Lukmono)

Sablon cukil merupakan cara untuk membuat cetakan sablon yang terbuat dari kayu yang diukir seperti relief kemudian diberi tinta. Setelah tinta melekat pada cetakan, kemudian cetakan ditempelkan pada bidang yang ingin disablon.

Menurut sang pembuat bernama Sudrun, kerumitannya terletak dari cara membuat ukiran atau relief pada cetakan kayu tersebut. “Yang terpenting adalah mood saat mengukir. Jika mood sedang tidak baik, pekerjaan bisa berantakan,” kata dia.

Selain itu, dia juga rajin membuat sandal cukil. Awalnya dia prihatin pada sandal jepitnya yang selalu hilang lantaran memiliki bentuk yang sama dengan yang lain.

Pemuda asal Kendal ini kemudian memberikan gambar berupa ukiran pada sandal jepitnya sehingga terlihat berbeda dengan yang lainnya. “Saya mengukirnya dengan alat sederhana, yaitu cutter,” ujarnya.

Ternyata, hasil karyanya cukup diminati banyak orang. Beberapa di antara teman Sudrun bahkan menginginkan sandalnya juga diukir agar terlihat berbeda. Dia butuh waktu sekitar dua jam untuk menyelesaikan satu pasang sandal. (ade)

You might also like

Comments are closed.