Sumur Kering, Warga Desa Jatirejo Krisis Air Bersih

METROSEMARANG.COM – Kekeringan mulai melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Kendal. Di Desa Jatirejo, Kecamatan Ngampel, ratusan warga mengalami krisis air bersih karena sumber air di wilayah tersebut berkurang sehingga tidak mampu mencukupi kebutuhan.

Warga Desa Jatirejo mengantre bantuan air bersih dari BPBD Kabupaten Kendal. Foto: metrojateng.com

“Baru satu desa yang meminta bantuan air bersih, yaitu Desa Jatirejo Ngampel. Hari ini dan kemarin sudah dikirim bantuan air kersih ke sana,” kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kendal, Saeful Huda, Jumat (4/8).

Huda menambahkan, BPBD siap memberikan bantuan air bersih jika ada permintaan dari warga. Permintaan bantuan air bersih bisa diajukan melalui desa, kemudian diteruskan ke kecamatan, untuk disampaikan ke BPBD Kendal.

Dikatakan, daerah yang terjadi kekeringan di wilayah Kendal masih mengacu pada data tahun sebelumnya, yang meliputi lima kecamatan, yakni Kecamatan Ringinarum, Patean, Pegandon, Cepiring, Sukorejo, Pageruyung dan Ngampel dengan 19 desa yang mengalami kekeringan.

“Kami belum melakukan pendataan baru, sehingga masih berdasarkan data tahun lalu,” pungkasnya.

Huda berharap, ke depan, daerah yang kekurangan air bersih bisa berkurang. Untuk itu harus ada solusi untuk mengatasi kesulitan air, yaitu dengan membangun tandon air. Pasalnya, daerah yang kesulitan air bersih itu masih berada di area yang dekat dengan sumber air, seperti sungai. (metrojateng.com/MJ-01)

You might also like

Comments are closed.