Sungai Kendal Meluap, Enam Kelurahan Terendam Banjir

banjir-kendal-(2)
Banjir yang menggenangi Gang Sarirejo, Kalibuntu, Kendal, Selasa (1/3). Foto: metrojateng.com

METROSEMARANG.COM – Banjir kembali menggenangi sejumlah wilayah di Kabupaten Kendal akibat hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut sejak Senin (29/2) malam. Genangan tersebut diakibatkan meluapnya Sungai Kendal hingga merendam permukiman warga.

Di Gang Sarirejo RT 01 RW 01 Kelurahan Kalibuntu Kecamatan Kota Kendal, genangan air mencapai 30 centimeter. Aktivitas warga terganggu, karena akses jalan juga ikut tergenang. Meski belum memasuki rumah, namun curah hujan yang masih tinggi membuat warga khawatir luapan air dari Sungai Kendal semakin tinggi.

Sumaryati warga setempat mengatakan air mulai menggenangi permukiman warga pada Senin (29/2) malam dan semakin tinggi pada Selasa (1/3) pagi. “Sejak tadi malam sungai sudah meluap dan menggenangi jalan kampung,” katanya.

Warga lain mengatakan, banjir kali ini sudah lima kali terjadi selama sebulan terakhir. Warga belum ada yang mengungsi karena air belum masuk ke rumah warga, namun demikian aktivitas terganggu akibat genangan ini.

Dikatakan, Sungai Kendal yang melintas di tengah kota kerap meluap jika hujan deras mengguyur wilayah ini. Tanggul sungai yang rendah tidak bisa menampung debit air yang banyak.

“Ini sudah ketiga kalinya banjir terjadi sejak tahun baru Imlek kalau selama sebulan terakhir sudah kelima kali,” jelas Susanto, warga Kalibuntu.

Banjir akibat luapan sungai Kendal selain menggenangi Kelurahan Kalibuntu juga merendam lima kelurahan lainnya. Wilayah yang menjadi langganan banjir yakni, Kelurahan Langenharjo, Kebondalem, Ngilir, Pekauman dan Pegulon. (metrojateng.com/MJ-01)

You might also like

Comments are closed.