Suplai Air Baku Instalasi Pengolahan Air Semarang Barat Cukup

METROSEMARANG – Panitia khusus Raperda Kerjasama Pemda dengan Badan Usaha Dalam Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Semarang Barat DPRD Kota Semarang melakukan kunjungan lapangan di Waduk Jatibarang dan proyek suplai air baku, Senin (23/4)

air baku
Peninjauan proyek penyediaan air baku di Waduk Jatibarang. (foto: metrosemarang.com/Masrukhin Abduh)

Pansus ingin memastikan suplai air baku bagi Instalasi Pengolahan Air (IPA) Semarang Barat yang akan dibangun tahun depan. “Dari paparan yang disampaikan oleh pengelola waduk Jatibarang dipastikan ada 1500 liter/detik air baku yang akan disuplai ke IPA Semarang Barat,” ujar pimpinan Pansus Joko Susilo.

Menurut Joko Susilo, air baku dari waduk Jatibarang sudah cukup untuk mensuplai kebutuhan IPA Semarang Barat yang bakal melayani pelanggan PDAM Tirta Moedal di tiga kecamatan yakni Semarang Barat, Ngalian dan Tugu.

Selain pelanggan rumah tangga, air produksi PDAM ini juga akan didistribusikan ke sejumlah kawasan industri. Di antaranya kawasan industri Candi, kawasan industri Tugu Wijayakusuma, dan lain sebagainya.

“Di sepanjang Jalan Raya Mangkang ada ratusan industri yang tentu saja membutuhkan suplai air bersih, dengan kapasitas IPA Semarang Barat yang mencapai 1500 liter/detik, sudah lebih dari cukup,” ujar politisi PDI Perjuangan ini.

Pihaknya mengapresiasi Pemerintah Kota Semarang bersama jajaran PDAM Tirta Moedal Kota Semarang yang terus mendorong agar pembangunan IPA Semarang Barat ini bisa segera direalisasi. “Kami juga tidak mau ketinggalan akan bekerja maksimal agar raperda ini bisa segera diselesaikan,” pungkasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.