Supriyono, ‘Kebal’ Sengatan Listrik

Humas PLN Area Jateng, Supriyono Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Humas PLN Area Jateng, Supriyono
Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

 

METROSEMARANG.COM – Apabila bagi sebagian orang listrik menjadi malapetaka, tapi hal itu tak berlaku bagi Supriyono. Ia justru melihat aliran listrik sebagai sumber penghasilan yang menjanjikan. Itu yang mendorongnya untuk terjun ke dunia kelistrikan dengan menjadi Humas Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Jateng.

Supriyono mengatakan, karirnya di PLN sudah berjalan 30 tahun terakhir. Tak banyak yang tahu bila ia dahulu merupakan staf biasa di PLN Jakarta. Di tempat itu pula ia belajar bagaimana caranya menerangi rumah-rumah warga yang ada di pinggir kota.

“Dulu Pluit itu hutan belantara. Tak ada orang yang di sana. Makanya perusahaan saya punya gagasan membuat menara sutet di situ dan diwujudkan pada dekade 80’an,” kata Supriyono, Selasa (29/9).

Seperti diketahui Pluit kini telah menjelma menjadi wilayah terpadu yang dihuni kaum ekspatriat dan dilengkapi perumahan-perumahan mewah. “Kita tak menyangka Pluit bisa berkembang seperti ini,” akuinya.

Membangun menara sutet di Pluit jadi pengalaman berharga buatnya. Kini, pekerjaanya di dunia kelistrikan menemukan tantangan baru sejak PLN berada di bawah Kementerian Kemaritiman.

“Manuver Menko Kemaritiman sedikit banyak membuat kita tersengat. Tapi itu tak jadi soal karena kita sudah kebal,” kelakarnya.

Baru-baru ini, ia disibukkan memantau kondisi gardu induk yang ada di wilayahnya. Maklum, gardu di Kecamatan Pedan Klaten belum lama ini tak beres. “Sempat terjadi gangguan yang membuat listrik di trafo setempat padam pukul 17.45 WIB,” katanya.

“Tidak ketahui masalahnya apa. Yang pasti itu membuat wilayah Sragen, Masaran, Banyudono, Klaten dan Kentungan Sleman padam selama tiga jam,” jelasnya.

Untuk itu, ke depan ia berharap PLTU Batang segera dioperasikan. “Tambahan listrik di PLTU bisa untuk membagi jaringan listrik di Jateng-DIY,” bebernya. (far)

You might also like

Comments are closed.