Suratno: Optimalkan Ekstrakurikuler

Suratno Foto Metrosemarang/Achmad Nurseha
Suratno
Foto Metrosemarang/Achmad Nurseha

KEGIATAN ekstrakurikuler menjadi wadah penyaluran bakat para pelajar. Dari situlah diharapkan bisa membentuk karakter siswa.

Sebagai Humas SMA Negeri 5 Semarang, Suratno sadar betul bahwa ekstra kurikuler punya banyak manfaat bagi siswa. “Melalui penggalian bakat para siswa kita jadi lebih tahu karakter masing-masing seperti apa,” katanya kepada metrosemarang.com, Kamis (12/3).

Menurutnya, karakter para pelajar harus dibentuk sedini mungkin karena mereka merupakan penerus bangsa. “Masing-masing siswa punya bakat, dan itu sebagai bekal menata negara ini ke depannya mau jadi apa,” tambahnya.

Suratno mengatakan, kegiatan ekstrakurikuler menjadi salah satu program utama yang dikembangkan di sekolah dengan 1.183 siswa itu. Karena menurutnya hal tersebut sebagai bentuk apresiasi proses pengembangan wacana pendidikan.

“Melalui lomba-lomba baik tingkat nasional maupun internasional kita jadi tahu perkembangan sekolah-sekolah yang lain seperti apa. Sehingga dengan itu diharapkan siswa bisa berwawasan global,” tambahnya.

Sederet prestasi yang diraih siswa-siswi SMA N 5 beberapa tahun ini memang menjadi bukti keaktifannya dalam mengelola kegiatan ekstrakurikuler. Setidaknya, ada sekitar 30 kegiatan ekstrakurikuler di sekolah ini, seperti KIR, olahraga, vocal group, pramuka, hingga paskibra. (ans)

 

Comments are closed.