Survei LSI: Jokowi Layak Gantikan Megawati

Presiden Joko Widodo saat mengunjungi Tambaklorok. Jokowi dinilai figur yang mampu menjadi suksesor Megawati di PDI Perjuangan. Foto Metrosemarang/Ade Lukmono
Presiden Joko Widodo saat mengunjungi Tambaklorok. Jokowi dinilai figur yang mampu menjadi suksesor Megawati di PDI Perjuangan. Foto Metrosemarang/Ade Lukmono

SEMARANG – Joko Widodo (Jokowi) adalah tokoh yang paling layak menduduki kursi ketua umum PDI Perjuangan periode 2015-2020. Hal itu berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) sepanjang Januari tahun ini.

Direktur Riset LSI, Hendro Prasetyo mengatakan, survei diajukan kepada responden dengan pertanyaan, “siapa yang paling tepat memimpin PDI Perjuangan lima tahun ke depan”. Hasilnya Jokowi meraih dukungan 36 persen, sedang Megawati sebesar 23 persen.

“Dari hasil survei jelas terlihat Jokowi mengalahkan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri,” kata Hendro, di sela diskusi dan bedah hasil survei Regenerasi Politik dan Peran Veto Player yang digelar Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Semarang dan LSI di Hotel Pandanaran, Semarang, Selasa (24/2).

Sedang nama tokoh PDI Perjuangan lainnya yakni Puan Maharani (puteri Megawati) meraih 6,1 %, Ganjar Pranowo (Gubernur Jateng) meraih 5,6%, Pramono Anung (mantan Wakil Ketua DPR) meraih 2,6%, Maruarar Sirait (anggota FPDIP DPR) meraih 1,5 %, dan Tjahjo Kumolo (Menteri Dalam Negeri) meraih 1,2%.

Hendro lebih lanjut menyatakan, survei yang dilakukan pada 10-18 Januari 2015 dengan jumlah sample 1.2200 responden berusia 17 tahun lebih atau sudah menikah. Populasi survei adalah seluruh warga negara Indonesia yang mempunyai hak pilih dalam pemilihan umum (pemilu) tersebar di 33 provinsi. Margin of error diperkirakan sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Mengenai keunggulan Jokowi dari Megawati dan tokoh PDI Perjuangan lain, menurut Hendro antara lain karena posisi Jokowi sebagai presiden sehingga sering muncul di media, terutama media televisi. Selain itu, kecenderungan masyarakat menginginkan partai politik (parpol) di Indonesia ke depan dipimpin oleh generasi muda. (byo)

You might also like

Comments are closed.