SURVEI PILWAKOT: Hendi Ungguli Marmo, Potensi Golput Tinggi

image
Pasangan calon wali kota Semarang nomor 2, Hendi -Ita. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

METROSEMARANG.COM – Lembaga survei PT Sima Siber Media Abadi (SMA) menyatakan pasangan calon walikota – wakil walikota nomor urut 2, Hendrar Prihadi – Hevearita Gunaryanti Rahayu akan menang telak. Survei di 16 kecamatan memunculkan raupan suara 36,55 persen untuk pasangan yang diusung PDI Perjuangan tersebut. PT SMA melakukan survei terhadap 435 responden di 16 Kecamatan. Survei berlangsung mulai 25 November 2015sampai 28 November 2015 dengan metode multistage random sampling. 

Hasil survei juga menempatkan pasangan calon nomor urut satu Soemarmo HS – Zubeir Syafawi (Mazu) berada di posisi kedua. Mazu meraup suara responden 18,85 persen. Pasangan yang diusung PKS dan PKB ini hanya unggul tipis dibanding pasangan nomor urut tiga Sigit Ibnugroho-Agus Sutyono yang mendapat 18,39 persen suara. 

Meski demikian, menurut Ezra Christian selaku Penanggungjawab survei PT SMA menyatakan, Hendi-Ita belum tentu menang pada pemilihan 9 Desember. Pasalnya ada 23,91 persen suara yang masih merahasiakan pilihan. Survei juga menemukan ada 2,3 persen responden yang menyatakan tidak akan menggunakan hak pilih alias golput. “Jadi ada 23,91 persen yang akan menjadi penentu sang walikota terpilih,” kata Ezra saat jumpa pers di Ruang Lobby di Hotel Ciputra, Simpang Lima Semarang, Senin (30/11).(byo) 

You might also like

Comments are closed.