Tabung Gas Bocor Diduga jadi Pemicu Kebakaran di Mal Ciputra

METROSEMARANG.COM – Kebakaran yang melanda sebuah gerai makanan di lantai dua Mal Ciputra, Kamis (21/12) malam, diduga karena kebocoran gas. Pasalnya sumber api berada di dapur gerai tersebut.

Kebocoran tabung gas diduga jadi pemicu kebakaran di Mal Ciputra, Kamis (21/12). Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

“Untuk penyebab kami belum tau persis, itu mungkin masak mi make kompor, atau apa belum tahu persis, tapi sumber apinya dari dapur, mungkin saja ada kebocoran gas tapi belum tahu persis apakah benar seperti itu,” ujar Kabid Operasi Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang, Suwarto, Kamis (21/12) malam. 

Selain itu, dalam proses pemadamannya petugas hanya membutuhkan waktu sekitar setengah jam untuk menjinakkan api. Namun demikian, petugas mengalami kesulitan untuk mengeluarkan asap yang mengepul di dalam mal tersebut.

“Ventilasinya juga memang kan tertutup semua jadi asapnya hanya muter-muter di dalam. Kami menyiapkan blower, dan saya perintahkan untuk membuka semua pintu-pintu agar asap bisa keluar semua,” imbuh Suwarto.

Ada lima buah blower yang digunakan petugas untuk mengeluarkan asap yang mengepul di di dalam ruangan mal. Petugas tampak kesulitan mengeluarkan asap tersebut. “Ya memang kami mengalami kesulitan di bagian ngeluarin asapnya,” pungkas Suwarto.

Sementara itu, petugas dari Polrestabes Semarang kini masih melakukan penyelidikan terkait penyebab pasti kebakaran tersebut. Namun dalam proses penyelidikannya, mereka mengalami kendala lantaran asap tebal masih berada di dalam mal tersebut. 

“Kita mungkin bisanya mulai melakukan pemeriksaan besok pagi karena asapnya juga masih lumayan tebal. Untuk sementara ini (mal) kami hentikan aktivitasnya dulu,” tukas Kapolrestanes Semarang, Kombes Pol Abioso Seno Aji di lokasi kejadian. (fen)

You might also like

Comments are closed.