Tahap II Pembangunan Pasar Kembang Kalisari Disiapkan Rp 10 Miliar

METROSEMARANG.COM – Setelah pembangunan tahap pertama diresmikan, Pemkot Semarang rencana akan melanjutkan pembangunan Pasar Kembang Kalisari tahap dua. Diharapkan tahap dua itu sudah bisa dimulai pada bulan Maret mendatang dengan alokasi anggaran Rp 10 miliar.

Wali Kota Hendrar Prihadi didampingi Wakilnya Hevearita G Rahayu dan sejumlah pejabat meninjau lokasi di belakang Pasar Kembang Kalisari yang akan dibangun pada tahap II tahun 2017 nanti, Jumat (23/12). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Besaran anggaran itu hampir sama dengan anggaran pembangunan tahap pertama yang nilainya Rp 9,7 miliar. Pada tahap dua nanti, akan dilakukan kegiatan mempercantik kawasan Pasar Kembang.

Kegiatan tersebut, di antaranya membangun shelter pusat kuliner makanan di ujung selatan shelter pedagang bunga. Pembuatan lahan parkir dan pengecatan tembok rumah warga yang ada di belakang shelter Pasar Kembang agar kawasan ini terlihat lebih menarik.

”Jadi Januari dengan melibatkan masyarkat, TNI dan Polri akan dilakukan pengecatan rumah-rumah di belakang shelter, harapannya Maret pekerjaan fisk juga bisa dimulai dan akhir tahun 2017 tahap dua selesai,” kata Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi.

Parkir kendaraan sementara ini diakui masih di bahu jalan. Tapi nanti setelah tahap dua selesai akan dipindah ke tempat parkir baru. Beberapa PKL bengkel yang tempatnya dibuat shelter kuliner akan diprioritaskan untuk menempati shelter.

”Shelter nanti bisa dipakai mereka (PKL bengkel) tapi harus alih profesi, supaya itu jadi shelter kuliner. Terserah mereka akan mengelola sendiri atau diserahkan pada saudaranya yang bisa memasak,” katanya.

Anggaran untuk tahap dua ini sudah disiapkan, sehingga mudah-mudahan Januari sudah bisa lelang sehingga Maret sudah bisa jalan penataannya. Selain itu, di tahun depan pemkot juga akan melakukan normalisasi kali di belakang pasar kembang dan membuat jalan inspeksi. Alokasi anggarannya juga Rp 10 miliar, sehingga di tahun depan total Rp 20 miliar untuk menata dan mempercantik kawasan Pasar Kembang Kalisari ini. (duh)

You might also like

Comments are closed.