Tahun Monyet Api, Shio Harimau Harus Ekstra Waspada

Doa awal Tahun Monyet Api di Kenteng Tay Kak Sie. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Doa awal Tahun Monyet Api di Kenteng Tay Kak Sie. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

METROSEMARANG.COM – Ratusan umat Tri Dharma tepat pukul 00.00 WIB, Senin (8/2) dini hari tadi, memanjatkan doa di Klenteng Tay Kak Sie Jalan Gang Lombok, sebagai penanda datangnya Tahun Baru Cina (Imlek) 2567. Mereka berasal dari seluruh penjuru Kota Semarang dan bersama-sama meniupkan harapan bagi bangsa Indonesia agar menjadi lebih baik lagi.

Upacara Imlek di Tay Kak Sie mula-mula dilakukan dengan pembakaran hio dan kertas-kertas sutra. Tiap umat Tri Dharma tampak berkumpul di depan altar utama Tay Kak Sie begitu bedug ditabuh berbarengan dengan dentangan lonceng yang berada di pintu sisi kanan klenteng.

Sambil mengatupkan kedua telapak tangan rapat-rapat, mereka terlihat khusyuk berdoa agar sang dewa mengabulkan keinginan mereka. Doa-doa dipanjatkan selama 20 menit. Sang pemimpin doa di klenteng tertua di Jawa Tengah itu berulang kali menuntun bacaan doa bagi ratusan umat Tri Dharma.

Usai bersembahyang, pemimpin doa Klenteng Tay Kak Sie, Imam Budiyono mengatakan umatnya daritadi khusyuk berdoa bagi keselamatan bangsa Indonesia di Tahun Monyet Api. “Kita doakan tahun ini agar semuanya diberikan kekuatan lahir batin,” terang Imam.

Di Tahun Monyet Api ini, Imam berharap Kabinet Kerja dibawah kendali Jokowi-JK mampu bekerja lebih baik lagi. “Agar semuanya berjalan lancar dan baik,” sambungnya.

Imam melihat sepanjang tahun ini masyarakat Indonesia tetap semangat dalam menghadapi segala cobaan yang datang. Optimisme juga akan muncul lebih besar karena pemerintahan Jokowi tahun ini diprediksi mampu menjalankan roda perekonomian nasional dengan lebih baik.

Hanya saja, ia meminta kepada masyarakat agar mewaspadai setiap rintangan yang menghadang. “Monyet menurut para ahli identik dengan banyak pergolakan. Tapi ada pula yang bilang kalau tahun ini akan lebih bergairah. Karena itulah, tetaplah semangat namun harus hati-hati saat melangkah,” kata Imam.

Ia pun menyebut orang-orang dengan Shio Harimau tahun ini sebaiknya waspada ketika mendapat musibah. “Shio Harimau dan lainnya harus waspada di Tahun Monyet Api. Selamat Imlek, kami berdoa bagi kesejahteraan kita semua,” tutupnya. (far)

You might also like

Comments are closed.