Tak Seperti Premium, Harga Bawang Merah di Semarang Belum Mau Turun

METROSEMARANG.COM – Harga bahan bakar minyak jenis Premium dipastikan turun Rp 500 mulai 1 April 2016. Tapi, penurunan ini belum berpengaruh terhadap harga sejumlah kebutuhan pokok yang terus melejit sejak beberapa pekan terakhir.

Di Pasar Bulu Semarang, harga bawang merah maupun bawang putih berada di kisaran Rp 30-40 ribu. “Bawang putih yang biasanya Rp 22-25 ribu sekarang naik jadi Rp 38 ribu per kilo. Bawang merah juga sama, biasanya Rp 15-20 ribu, sekarang naik sampai Rp 34 ribu,” kata Santi, pedagang sembako di Pasar Bulu, Rabu (30/3).

Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad
Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad

Jenis sembako lainnya yang mengalami kenaikan adalah gula pasir, minyak goreng curah, dan tomat. Harga 1 kilo gula pasir yang biasanya Rp 11.500 kini naik jadi Rp 13 ribu. Sedangkan minyak goreng curah sudah menyentuh Rp 11 ribu per kilo.

“Tomat juga dari kemarin naik, biasanya 1 kilo Rp 5 ribu sekarang menjadi Rp 12 ribu. Untuk gula merah harga masih normal,” sambung Santi.

Sementara itu, harga sembako beras terpantau stabil mulai dari Rp 8.500 sampai Rp 12 ribu per kilogram. Menurut Santi, kondisi ini cukup terbantu dengan musim panen di beberapa daerah sentra beras. (din)

You might also like

Comments are closed.