Tampil Elegan dengan Jaket Kulit

Mantan bintang Manchester United David Beckham tampil elegan dengan balutan jaket kulit. Foto: metrosemarang.com/dok look.co.id
Mantan bintang Manchester United David Beckham tampil elegan dengan balutan jaket kulit. Foto: metrosemarang.com/dok look.co.id

JAKET bisa menjadi cerminan kepribadian pemakainya. Begitu halnya dengan jaket kulit (leather jacket) yang sangat identik dengan kesan macho bagi pria. Model fashion sekarang juga sudah meninggalkan kesan rebel dan lebih menonjolkan aura elegan dan maskulin.

Sebelum menentukan pilihan, sebaiknya Anda juga perlu mengenai beberapa bentuk atau model jaket kulit. Model pertama disebut blazer jacket atau biasa disebut model klasik. Jaket ini tak banyak dilengkapi asesoris dan dikembangkan dari rancangan yang orisinil.

Model selanjutnya adalah bomber jacket atau disebut juga flight jacket. Sesuai namanya, jaket jenis ini biasa digunakan pilot yang bertugas menjatuhkan bom di masa PD I dan PD II. Jaket ini lebih cocok untuk pria yang berbadan kurus dan berbahu lebar karena cenderung lebih ketat di bagian pinggang.

Biker jacket atau rider jacket merupakan model jaket kulit yang didesain cukup ketat. Alasannya tentu saja agar si pemakai bisa terlindung dari hempasan angin saat memacu sepeda motornya.

Jaket kulit memang punya harga yang tidak murah, dan pastinya punya kesan lebih ekslusif dibandingkan jaket lain yang berbahan kain atau denim. Meski pada dasarnya jaket kulit adalah salah satu fashion item yang universal tapi ada beberapa gaya yang sangat pas jika menggunakan jaket jenis ini seperti street style classic, rocker style dan rider style.

Jaket kulit berkualitas tentunya dari bahan kulit sapi dan kulit domba. Kulit sapi berkualitas dengan umur sapi yang matang memiliki tekstur lebih kasar dan tidak datar. Sedangkan domba lebih halus sehingga mampu dibentuk dengan lebih baik. Tapi, bukan berarti kulit domba lebih bagus dari kulit sapi. Kulit domba kurang bagus dalam menahan air dan dingin, selain jaket ini juga lebih mudah timbul garutan.

Untuk warna, biasanya jaket kulit didominasi hitam dan cokelat. Warna hitam lebih fleksibel karena bisa dengan mudah dipadukan dengan warna lain. Sedangkan warna cokelat, Anda harus lebih pintar untuk mengkombinasikan dengan warna-warna lain. (twy)

Comments are closed.