Tampung Kapal Tongkang, Pelabuhan Niaga Tegal Diaktifkan Lagi

METROSEMARANG.COM – Untuk menampung kapal tongkang bermuatan batubara dan tangkapan ikan, pemerintah pusat akan mengaktifkan kembali dermaga pelabuhan niaga di Kota Tegal. General Manager Pelindo III Cabang Pelabuhan Tanjung Emas, Agus Hermawan mengisyaratkan pengoperasian pelabuhan niaga Tegal bakal dimulai dalam waktu dekat ini.

General Manager Pelindo III Cabang Pelabuhan Tanjung Emas, Agus Hermawan. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

“Kami akan mengaktifkan pelabuhan niaga yang ada di Tegal untuk mengakomodir kegiatan bongkar muat pada kapal-kapal niaga. Apalagi, Kota Tegal juga dilewati jalur tol Pejagan, itu nanti bisa jadi akses masuk untuk muatan batubara,” ungkapnya, Rabu (22/2).

Tak hanya itu saja, lanjutnya. Keberadaan pelabuhan niaga sangat potensial untuk menampung batubara dan ikan karena nantinya akan dilengkapi ruang pendingin (cold storage) serta gudang-gudang curah.

Selain itu, pelabuhan niaga juga telah siap menampung ikan segar hasil tangkapan nelayan di tiap Tempat Pelelangan Ikan (TPI). “Agar dapat bersinergi, setiap TPI akan dimodernisasi biar dapat mengantisipasi kegiatan bongkar muat ikan,” urainya.

Pelabuhan niaga, kata dia, nantinya dilengkapi ruang pendingin (cold storage) yang mampu menampung sebanyak 200 ribu ton ikan segar per tahun. Jumlah ini, menurutnya bakal meningkat tajam mengingat transaksi penjualan ikan dilakukan tiap lima hari sekali.

Ia pun menargetkan muatan batubara dapat dikirim ke pelabuhan niaga pada awal April 2017. Untuk memuluskan proyek tersebut, perseroan berjanji akan menata ulang jalur nelayan tradisional. Dengan begitu, ia berharap dermaganya bisa disandari kapal tongkang.

“Untuk nilai investasinya sedang kita hitung-hitung agar penggunaannya tepat sasaran,” kata Agus. (far)

You might also like

Comments are closed.