Tanam Bakau dan Science Show Warnai Pekan CSR Crowne Plaza

lepas-burung
Karyawan Crowne Plaza melepas burung agar kembali ke habitat asalnya. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

SEMARANG – Selama sepekan terakhir ini, sejak  17- 21 Agustus 2015, InterContinental Hotel Groups menjalankan program IHG Corporate Responsibility Week (IHG CRWEEK). Program ini dilakukan serentak oleh lebih dari 4.900 hotel IHG yang terdiri dari berbagai brand seperti InterContinental,  Crowne Plaza, Hotel Indigo, Hualuxe, Holiday Inn, Holiday Inn Express, Hotel Even, Staybridge Suites and Candlewood Suites.

IHG CR Week adalah serangkaian program yang dijalankan selama sepekan mencakup tiga aktivitas tanggung jawab corporate, yaitu IHG Academy (Program kerjasama antara hotel dengan berbagai instansi pendidikan), IHG Green Engage ( Program pengelolaan dan perawatan lingkungan sekitar) dan IHG Shelter in A Storm (Program penggalangan dana yang dilakukan karyawan hotel untuk membantu korban bencana alam di dunia).

Menurut Asst Marketing Communication Crowne Plaza Semarang, Angeline Josephine dalam rilisnya mengatakan, Crowne Plaza telah menjalankan berbagai aktivitas menarik selama sepekan terakhir. “Pada tanggal 17 Agustus 2015 yang lalu, kami tidak hanya merayakan hari kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia, juga merayakan peresmian IHG CR WEEK 2015 oleh General Manager, Bapak Barun Jolly dengan mengundang tamu hotel dan karyawan untuk makan tumpeng bersama. Selama sepekan kami mengadakan kompetisi photography bertemakan CR week yang dapat diikuti oleh seluruh karyawan hotel,” paparnya.

Di hari kedua, lebih dari 200 orang berkumpul dan bekerjasama membersihkan Pantai Maron. Mereka dibantu lebih dari 150 murid yang tergabung ke dalam IHG Academy yaitu STIEPARI Semarang, SMKN 6 Semarang dan LPP Graha Wisata. Di pantai Maron, mereka tidak hanya membersihkan dan mengumpulkan sampah, namun juga menanam 500 tanaman bakau di sekitar pesisir pantai.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan berbagai sampah plastik di sekitar pantai, melindungi garis pantai dari pengikisan, menjernihkan air, dan merupakan habitat dari satwa yang hidup di sekitar pantai,” tambahnya.

Pada hari ke-3 Crowne Plaza Semarang berkunjung ke SD Rowosari 1 Semarang. SD ini merupakan sekolah binaan dari IHG Adopt School. Acara dimulai dengan pengenalan Crowne Plaza Semarang sebagai hotel yang ramah lingkungan dan “science show” bertemakan air dan lingkungan.

Science show ini bertujuan untuk mengedukasi anak-anak mengenai mengenai pentingnya menjaga  kelestarian lingkungan hidup yang dapat dimulai dari usia dini. Lebih dari 50 siswa yang hadir terlihat begitu semangat dan antusias. Anak- anak menjadi lebih ceria ketika pihak hotel memberikan bingkisan berupa 2 kardus koko krunch yang disponsori oleh PT. Nestle Indonesia.

Puncak acara diadakan pada hari Jumat (21/8) mereka mengadakan training kepada karyawan dengan tema bercocok tanam menggunakan teknik Hydrophonic, teknik menanam sayuran dengan memanfaatkan air sebagai media pengganti tanahnya dan menggunakan berbagai bahan bekas seperti botol minuman mineral.

Tidak hanya itu, pihak hotel membeli lebih dari 150 burung dari pasar burung untuk dilepaskan dan dibebaskan kembali ke habitat asalnya. Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk terus melestarikan lingkungan hidup dan melindungi ekosistem alam. Crowne Plaza juga mengadakan aktivitas penggalangan dana untuk IHG Shelter in A storm Program kepada seluruh karyawan. (ade)

You might also like

Comments are closed.