Tank PD II Pukau Pengunjung Museum Mandala Bhakti

Tank AMX-13 bekas Perang Dunia II memukau pengunjung pameran alutsista di Museum Mandala Bhakti. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Tank AMX-13 bekas Perang Dunia II memukau pengunjung pameran alutsista di Museum Mandala Bhakti. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

 

METROSEMARANG.COM – Tank AMX-13 bekas Perang Dunia II menjadi magnet tersendiri dalam gelaran pameran Alutsista di kompleks Museum Mandala Bhakti Semarang, Senin (14/12).

Pantauan di lokasi pameran, sejumlah pengunjung tampak bergantian menaiki tank AMX untuk berfoto bersama keluarganya. Pengunjung yang penasaran pun mengajak serta anak dan istrinya untuk menjajal kehandalan tank canon berkaliber 105 mm tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Tank AMX-13 ini telah dimodifikasi oleh PT Pindad dan dilektronik fire control system, transmisi otomatis serta ditopang mesin diesel yang bisa bertahan sampai 20 tahun.

Mardiono, warga Perumahan Trangkil Gunungpati Semarang mengatakan cukup antusias datang ke acara tahunan tersebut karena bisa menyatukan personel TNI dengan masyarakat setempat. Ia yang datang dari Gunungpati membawa tiga anak dan istrinya karena tak mau melewatkan pameran tersebut.

“Saya bawa tiga anak saya untuk melihat langsung kehandalan Alutsista yang ada di Mandala Bhakti. Ini baru pertama kali saya datang ke sini,” ujarnya.

Dalam acara yang diinisiasi Kodam IV Diponegoro itu juga terdapat mobil Bush Master Defender MRCV. Ini adalah kendaraan tempur yang jadi andalan personel Grup-2 Kopassus Kandang Menjangan.

Anggota Grup-2 Kopassus Kandang Menjangan, Letnan Satu Cpl. Pasiharpal Dwi Panji Satya Wicaksana menyebut bila satuannya juga membawa belasan senapan serbu mulai dari pistol Sig Sauer P226R,  HK P7, G2 Combat, Shotgun Benely, SO Minimi hingga Barret M82A1. “Kita juga pamerkan seragam dan aksi-aksi Kopassus yang terekam dalam video,” bebernya.

Dengan pelibatan Kopassus di pameran Alutsista tahunan diharapkan bisa memperkenalkan kehandalan senjata Grup-2 Kandang Menjangan, sekaligus menghapuis kesan seram prajurit Grup-2 Kandang Menjangan. (far)

You might also like

Comments are closed.