Taruna Akpol Tewas Dianiaya, Polisi Tetapkan 14 Tersangka

METROSEMARANG.COM – Sebanyak 14 orang ditetapkan sebagai tersangka atas tewasnya taruna Akademi Kepolisian (Akpol) Brigadir Dua Taruna (Brigdatar) Mohammad Adam. Para tersangka tersebut merupakan senior taruna tingkat III di sekolah calon perwira tersebut.

Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono memberi keterangan terkait kasus penganiayaan terhadap taruna Akpol, Sabtu (20/5). Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono mengatakan, para tersangka ini mempunyai perannya masing masing. “Ada yang melakukan pemukulan, ada yang memberi arahan, dan ada juga perannya mengawasi jangan sampai ketahuan pembina,” ujarnya saat gelar perkara di Mapolda Jateng, Sabtu (20/5) malam.

Penetapan tersangka ini merupakan hasil dari gelar perkara yang sudah dilakukan sebanyak tiga kali. Polisi telah memeriksa sebanyak 35 orang saksi yang terdiri dari 21 orang taruna tingkat II, dan 14 orang taruna tingkat III.

“Malam ini ditetapkan sebagai tersangka, besok sudah mulai dilakukan pemeriksaan sebagai tersangka, dan harus didampingi penasihat hukum,” ujar Condro.

Selain itu, dalam proses penentuan tersangka kemarin, lanjut Condro, pihaknya juga telah mengamankan 18 barang bukti seperti almunium 5×6 diameter 2 cm, kunci sepeda, sarung tangan, raket badminton, tongkat kayu bulat warna cokelat, dan beberapa lainnya.

“Kita juga menemukan minyak kayu putih, kipas angin, obat gisok. Barang bukti seperti ini juga kita amankan, memang waktu itu ada upaya untuk menyadarkan korban,” tambah Condro.

Diketahui sebelumnya, Mohammad Adam tewas setelah menjalani apel pembinaan oleh para seniornya. Adam di aniaya oleh para seniornya di Gudang flat A taruna tingkat III. Ruangan tak terpakai tersebut berukuran 4×8 meter.

Sebelum tewas, Adam mengalami pingsan dan sempat ada upaya untuk menyadarkan dari para senior, hingga pada akhirnya tewas di Rumah Sakit Akpol.

Dari hasil visum yang dilakukan, ditemukan luka lebam di bagian dada korban. Korban juga mengalami luka di bagian paru paru yang membuatnya gagal bernapas karena tidak mendapat oksigen. (fen)

You might also like

Comments are closed.